• Home
  • /
  • Travel
  • /
  • 3 Pantai Indah di Jogja yang Wajib Dikunjungi
Pantai Nglambor - Wisata Jogja

3 Pantai Indah di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Wisata Jogja – Selain objek wisata seputar wisata budaya dan sejarah, Jogja juga punya sederet wisata pantai yang terkenal dan wajib dikunjungi.

Nah, untuk Anda yang memutuskan berwisata pantai di Jogja, berikut kami rangkumkan 3 pantai terindah di Jogja yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Indrayanti

Terkenal dengan keindahan pantai yang nyaris tak tertandingi di Jogja, Pantai Indryanti berada di urutan pertama yang bisa Anda pilih untuk dikunjungi.

Hamparan pasir putih dan jernihnya air laut ditambah lagi dengan adanya bukit batuan karang yang bisa didaki sebagai spot menyaksikan keelokan pantai Indrayanti dari ketinggian, begitu menyempurnakan keindahan dan keseruan saat berwisata di Pantai Indrayanti, Jogja.

Sebagai salah satu pantai unggulan di Jogja, Pantai Indrayanti atau sering juga disebut Pantai Pulang Syawal menawarkan fasilitas yang cukup memadai. Di antaranya gazebo, payung pantai, wahana air jetski, toilet, kamar bilas, dan masih banyak lagi.

pantai indrayanti - wisata jogja

Pantai Indrayanti (sumber : tabloidwisata.com)

 

Pantai Indrayanti berlokasi di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo,  Kecamatan. Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (Jogja). Pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Jogja dan jika menggunakan mobil, perjalanan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 40 menit sampai 2 jam.

wisatajogja-pantai-indrayanti

Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Syawal) – Lokasi

Rute Menuju Pantai Indrayanti

Ada dua jalur yang bisa Anda pilih:

  • Jogja, Wonosari (ringroad timur) – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Desa Tepus. Sesampainya di Desa Tepus, tonggal ikuti saja papan petunjuk menuju pantai.
  • Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Pantai Baron. Sampai di Pantai Baron, lanjut 10 Km ke arah timur untuk sampai ke pantai Indrayanti.

Harga Tiket Masuk Pantai Indrayanti

Berdasarkan informasi terbaru, harga tiket masuk dan sewa fasilitas yang tersedia bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Tiket masuk : Rp 10.000
  • Sewa Payung Pantai : Rp 20.000
  • Sewa Gazebo : Rp 30.000
  • Sewa Jetski : Rp 250.000/ 15 menit
  • Toilet dan Kamar Bilas : Rp 2.000 – Rp5.000

Harga Hotel dan Penginapan di Sekitar Pantai Indrayanti

Jika Anda memutuskan untuk bermalam di daerah sekitar Pantai Indrayanti, tersedia beberapa opsi penginapan dengan harga berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000. Tinggal Anda pilih dan sesuaikan dengan budget berapa malam Anda akan menginap.

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor Jogja adalah salah satu objek wisata pantai yang menjadi incaran para penikmat dunia bawah laut. Letaknya berdekatan dengan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Jogan, Pantai Siung, dan Pantai Timang. Pantai Nglambor sedikit berbeda dengan pantai selatan Pulau Jawa lainnya yang cenderung berombak besar, ombak di Pantai Nglambor ini cenderung lebih tenang. Hal itulah yang menjadikannya daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Karakteristik air laut yang tenang ini membuat para penggemar snorkling betah berlama-lama menikmati keindahan biota bawah laut. Bagaimana dengan yang tidak suka snorkling? Tenang saja, indahnya bawah laut Pantai Nglambor bisa Anda saksikan dengan jelas bahkan tanpa menyelam sekalipun. Beraneka ragam terumbu karang, ikan kecil menari-nari dengan warna-warna cantiknya dan aneka biota laut lainnya terpampang jelas keindahannya. Aktivitas seru yang biasa menjadi favorit pengunjung di sini adalah diving atau snorkeling dan foto underwater.

wisata jogja - nglambor

Snorkling Pantai Nglambor – Wisata Jogja (sumber : jogja.tribunnews.com)

Rute Menuju Pantai Nglambor

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Jogjakarta. Jika bertolak dari pusat kota Jogjakarta, Anda bisa menempuh perjalanan selama 2-3 jam lamanya.

Kondisi jalan menuju Pantai Nglambor sudah cukup bagus, hanya saja luasnya tidak terlalu lebar sehingga kendaraan seperti bus ataupun truk tidak bisa masuk. Jika Anda menggunakan sarana transportasi ini, Anda perlu berjalan atau menaiki ojek dengan membayar jasa Rp5.000 untuk sampai Pantai Nglambor. Namun jika Anda menggunakan sepeda motor sendiri Anda bisa langsung menuju pantai.

Rute yang bisa ditempuh dari pusat kota Jogja, Anda bisa menuju Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke arah Pantai Siung. Dari Pantai Siung tinggal ikuti saja petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.

Jika anda belum puas berenang di Pantai Nglambor, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Indrayanti yang hanya berjarak sekitar 16km dari Pantai Nglambor.

wisata jogja - nglambor indrayanti

Wisata Jogja – Jarak Pantai Nglambor dan Pantai Indrayanti

Harga Tiket Masuk Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor (Sumber: jogjarentalmotor.com)

Berdasarkan informasi terbaru, harga tiket masuk dan sewa fasilitas yang tersedia bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Tiket masuk : Rp 5.000
  • Biaya parkir mobil : Rp 5.000
  • Biaya parkir motor : Rp 2.000
  • Sewa alat snorkling  : Rp 35.000 – 50.000
Pantai Nglambor - Wisata Jogja

Pantai Nglambor (sumber: cakrawalatour.com)

Pantai Wedi Ombo

Ingin berendam dan puas bermain air di laut tapi takut tersapu ombak? Tenang, Anda tidak perlu khawatir tersapu ombak apabila melakukannya di Pantai Wedi Ombo.

wisata jogja - pantai wediombo

Pantai Wediombo (Sumber: instagram.com/misbahullum/ )

Gugusan karang yang tersusun rapi mengeliling kolam alami di sana bak security yang siap non stop 24 jam melindungi Anda dari ganasnya ombak.

Walaupun terlihat cukup aman, tapi tetap selalu waspada ya.

Pantai Wedi Ombo Berlokasi di Desa Jepitu, Kec. Girisubo, Kabupaten GunungKidul, Yogyakarta. Harga tiket masuk Rp5.000,-/ orang.

wisata jogja - pantai wediombo

Wisata Jogja – Pantai Wediombo – Lokasi

 

Itulah ulasan singkat 3 Pantai Indah di Jogja yang wajib Anda kunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan orang-orang terdekat Anda.

Happy traveling!

Leave a Reply