Air Terjun Sedudo

August 26, 2012, Category: Jawa Timur · 4 Comments

Air Terjun Sedudo sudah sangat populer di kawasan Jawa Timur. Objek wisata air terjun Sesudo berada di lereng Gunung Wilis dan terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun Sedudo mempunyai panorama air terjun yang hulunya  berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut. Mirip seperti air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu.

Air terjunnya sendiri meluncur dari ketinggian 105 meter. Dari kejauhan jalan menuju lokasi wisata ini terlihat sangat indah. Sejuknya udara pegunungan Gunung Wilis di tambah tamparan titik-titik air terjun membuat suasana damai dan nyaman sehingga anda merasa lebih rileks. Tepat di bawah jatuhnya air, terdapat kolam yang bisa Anda gunakan untuk mandi bahkan berenang.

air terjun sedudoPada hari-hari biasa, tempat wisata air terjun Sedudo tidak seberapa ramai. Akhir pekan dan libur nasional barulah bertambah banyak pengunjungnya. Namun harap dicatat, kunjungan teramai adalah di bulan Sura tanggal satu. Sura adalah bulan pertama penanggalan jawa. Setiap 1 Sura biasanya diadakan ritual siraman. Dan lucunya, yang disiram adalah arca. Ritual ini dinamakan Parna Prahista. Entah kenapa di jaman sekarang masih saja banyak yang percaya takhayul semacam ini J

Asal mula Air Terjun Sedudo

Menurut sejarah, saat  itu Air Terjun Sedudo dibuat oleh salah satu tokoh warga sekitar bernama Sanak Pogalan. Ia merupakan petani tebu yang harus menelan kecewa dari penguasa jaman itu. Karena kekecewaannya inilah, ia kemudian menjadi pertapa di sekitar sumber Air Terjun Sedudo. Dalam tapanya, ia berniat untuk menenggelamkan Kota Nganjuk dengan membuat sumber air yang sangat besar.

Karena kesucian Sanak Pogalan inilah, sebagian warga meyakini jika sumber air terjun Sedudo, mengandung beberapa khasiat, salah satunya menjadi obat awet muda. Secara ilmiah khasiat obat awet muda dari Air Terjun Sedudo ini bisa dirunut.

Pada jaman kerajaan dulu, ada tokoh bernama Resi Curigonoto yang sengaja mengasingkan diri di atas lokasi air terjun. Dalam pengasingannya itu, Resi Curigonoto berniat untuk menjadikan hutan itu sebagai kebun rempah-rempah. Karena menganggap jika tanah hutan, bisa menjadi media yang sangat bagus untuk mengembangkan rempah-rempah yang saat itu menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Resi Curigonoto lantas meminta Raja Kerajaan Kediri untuk mengirim rempah-rempah ke tempat pengasingannya itu.

Namun, tak begitu jauh dari tujuannya, tiba-tiba gerobak-gerobak yang mengangkut rempah-rempah ini terguling diantara sumber air terjun Sedudo. Lalu rempah-rempah ini tumbuh subur hingga memenuhi hutan yang menjadi tempat sumber Air Terjun Sedudo sehingga air yang mengalir keair terjun Sedudo banyak mengandung rempah-rempah itu yang secara otomatis, rempah-rempah ini mampu menjadi obat yang multi khasiat, salah satunya adalah membuat wajah tampak bersih sehingga kelihatan awet muda.

Akses Air Terjun Sedudo

Air terjun kebanggan warhga nganjuk ini terletak 30km dari pusat kota Nganjuk.  Dengan sepeda motor, bisa ditempuh selama 45menit saja. Kalo beruntung, malah bisa hanya 30 menit. Nganjuk berada ±110km dari Surabaya dan ±200km dari Yogyakarta.

Untuk memasuki kawasan air terjun Sedudo, anda cukup membayar Rp 2.500,- saja. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati antara lain hotel, toko penjual souvernir, dan sayur plus buah-buhan khas Nganjuk seperti jeruk, durian, dan pisang.

Pencarian Favorit:

  • asal usul air terjun sedudo
  • curug sedudo
  • sejarah air terjun sedudo
  • Sejarah asal usul sumber sedudo kab nganjuk

Comments

4 Responses to “Air Terjun Sedudo”
  1. To Sunarto says:

    mohon dijelaskan mengapa sanak pogalan merasa ecewa dengan penguasa nganjuk saat itu.tr's.

  2. Wasis R Susilo says:

    kalau masalah air >> khususnya air terjun yang ada di gunung wilis pastilah Jogotirto lebih paham karena yg menangani perairan untuk kehidupan masyarakat di sekelilingnya, seorang jogotirto harus paham sejarah tentang air terjun yang ada di lereng gunung wilis, usul aja bagaimana jika masing2 calon Jogotirto di tes pengetahuanya tentang sejarah dan asal usul air terjun yg ada di gunung wilis yg bisa meluruskan sejarah dia layak menjadi …….

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] tempat wisata berkelas, anda bisa menggunakan beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola seperti pondok […]



Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close