Grojogan Sewu Tawangmangu

June 14, 2012, Category: Jawa Tengah · 7 Comments

Tawangmangu merupakan salah satu tempat wisata favorit di Solo/Surakarta. Tawangmangu menyimpan sejuta misteri  dan keindahan alam karena berada di sisi barat lereng Gunung Lawu atau Gunung Sewu. Secara gegografis, Tawangmangu merupakan naman Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Perlu dicatat, ini Karanganyar yang di Solo dan bukan Karanganyar Kebumen. Tawangmangu berada di ketinggian 1200 meter dpl sehingga udaranya sangat sejuk dan cocok untuk berwisata menghilangkan penat. Dengan cuca seperti itu, dataran tinggi Tawangmangu mirip seperti Gunung Tangkuban Perahu di Bandung.

Sejak jaman penjajah Belanda, Tawangmangu yang menjadikan Grojogan Sewu sebagai tempat wisata unggulan, telah dikenal luas oleh masyarakat Solo. Tawangmangu berjarak 37 km di sebelah timur kota Solo/Surakarta. Bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama 1-1.5jam. Jika dengan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bis jurusan Tawangmangu dari terminal Tirtonadi. Dari terminal tawangmangu anda bisa memilih menggunakan angkutan lagi atau berjalan kaki menuju gerbang Grojogan Sewu. Perjalanan darat selama kurang lebih 1,5 jam dari terminal Solo sudah menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan indah areal persawahan di kiri dan kanan jalan siap menyapa begitu memasuki wilayah Karanganyar.

Grojogan Sewu merupakan obyek wisata favorit di Tawangmangu dan sudah menjadi ikon Tawangmangu. Berlibur di Tawangmangu tak lengkap jika hanya melihat Grojogan Sewu saja. Jika punyak banyak waktu luang, sempatkan singgah di penginapan dan nikmati keindahan dan kesejukan Tawangmangu. Melihat suasana perkebunan dan kehidupan masyarakat sekitar di suasan yang sejuk bisa menghilangkan kepenatan rutinitas kerja. Tawangmangu juga terkenal dengan produksi sayur dan buah-buahan segar. Sawah-sawah luas terbentang banyak yang ditanami sawi, wortel, lobak, strawberry, dan aneka hasil bumi lainnya.

Grojogan Sewu artinya Air Terjun Seribu. Air terjun ini terletak di hutan lindung seluas 20 hektar. Air terjun dari ketinggian 81 meter membuat Grojogan Sewu menjadi pemandangan eksotis dan indah. Untuk menambah daya tarik Grojogan Sewu, pihak pengelola juga membuat fasilitas wisata penunjang dan cocok untuk acara santai atau petualanan. Di sekitar Grojogaj Sewu anda bisa menemukan flyinf fox, arung jeram (rafting) mini,  playground, outbond, arena pancing, taman lalu lintas, dan kereta pohon.

Perlu dingat, Hutan Lindung dan Grojogan Sewu adalah kerajaan kera. Banyak kera liar berkeliaran di pepohonan hutan lindung Tawangmangu. Tak jarang kera-kera itu berbuat jahil kepada pengunjung dengan merebuat makanan, topi, bahkan hp anda.

Akses ke Tawangmangu

Untuk mendukung kemudahan akses ke Tawangmangu, pemerintah daerah telah membuat perbaikan jalur transportasi dengan melakukan perawatan jalan dan pembangunan jalan baru lintas propinsi dari Tawangmangu sendiri yang berada di Jawa Tengah ke arah Magetan Jawa Timur. Jalan tembus ini melewati perbukitan dan melintas di tengah-tengah lahan pertanian yang asri dengan pemandangan elok di kiri dan kanan sepanjang jalan ini.

Renovasi pasar untuk Pasar Wisata

Di terminal Tawangmangu, terdapat pasar yang dulunya masih tradisional dengan kesan kumuh dan tidak menarik. Untuk menambah daya tarik Grojogan Sewu dan Tawangmangu, pasar Tawagnmangu direnovasi total menjadi bangunan megah Pasar Wisata Tawangmangu. Di pasar wisata ini anda bisa membeli buah-buhan segar khas Tawangmangu, sayur-mayur, maupun souvenir khas Tawangmangu.

Tawangmangu sebagai kawasan tempat wisata terpadu juga berdekatan dengan objek wisata lain seperti Air terjun Pringondani, Puncak Lawu, Sentra tanaman hias di desa Nglurah, dan Bumi Perkemahan. Dari Tawangmangu, anda juga bisa memulai pendakian ke Puncak Lawu dari Pos Cemorokandang. Atau anda juga bisa meneruskan berwisata ke tempat wisata Telaga Sarangan di sisi timur Gunung lawu. Telaga Sarangan masuk wilayah Magetan (Jawa Timur) dan bisa diakses melalui jalan tembus baru.

Sate Kelinci di Tawangmangu

Makanan yang paling terkenal di Tawangmangu adalah sate kelinci. Daging kelinci memang agak alot namun memiliki serat daging yang lembut. Dipadu dengan sambal kacang, irisan cabe dan bawang merah, disajikan bersama lontong menjadi santapan lezat. Menurut para ahli, daging kelinci rendah kolesterol dan juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Daging kelinci mengandung zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa ini apabila digabungkan dengan omega 3 dan 9 diyakini bisa untuk penyembuhan asma. Beberapa orang telah meraskaan bahwa daging kelinci juga berkhasiat menurunkan kadar gula bagi para penderita diabetes, sementara otaknya berkhasiat sebagai penyubur kandungan wanita.

Jadwal Jam Buka Tawangmangu

Senin – Ahad pk 08.00 – 16.00 WIB
Libur Idul Fitri pk 06.00 – 18.00 WIB

Harga Tiket ke Tawangmangu
Pengunjung domestik                   : Rp 18.000,-
Pengunjung mancanegara           : Rp 18.000,-
Pelajar                                                  : Rp 9.000,-

Pencarian Favorit:

  • tawangmangu
  • Tawangmangu merupakan dataran tinggi yang terkenal karena
  • tawang mangu
  • tawangmangu solo
  • IKIP KOPOE
  • angkutan dutayasa ke tawangmangu
  • tiket bis semarang tawang mangu 2014

Comments

7 Responses to “Grojogan Sewu Tawangmangu”
  1. keagungan tuhan ..

  2. Pingin bawa simbok wisata….

  3. Kopoe Liarku says:

    lengkp smua ciptaan allh. . .

  4. sate kelincinya bikin kangen…..ada sate landak juga lho !

  5. Nugroho Endlessloves says:

    makasih

  6. Bertemu dengan saudara tua…

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] Mioswaar, terdapat sumber 4!r panas, air terjun, menyelam d4n snorkeling, pengamatan satwa d4n wisata […]



Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close