Home » Yogyakarta » Gua Pindul

Gua Pindul

Wednesday, January 30th 2013. | Yogyakarta


pindul cave tubingGua Pindul, beberapa tahun terakhir ini warga Gunungkidul khususnya dan warga Indonesia umumnya dihebohkan dengan ditemukannya sebuah gua yang luar biasa. Gua alami yang belum lama dikelola sebagai tempat wisata dan petualangan. Sebenarnya gua ini sudah lama adanya karena sebagai gua alami. Di dalamnya ada aliran sungai dan mungkin ini yang membuat orang enggan masuk lebih dalam. Sebelum menjadi tempat wisata sungai dan gua ini dulunya buat pembuangan sampah lho, sampahnya manusia J

Namanya Gua Pindul. Berlokasi di dusun Gelaan. desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, kabupaten Gunungkidul, provinsi Yogyakarta. Karena dasar gua ini berupa sungai maka tidak mungkin anda menyusuri dengan jalan kaki, kecuali punya cukup nyali untuk berenang.Inilah istimewanya, anda harus menaiki ban karet untuk menyusuri gua. Di dalam gua pasti akan anda temukan banyak hal baru yang tidak ada bandingannya dengan gua biasa. Wisata menyusuri gua menggunakan ban karet ini dikenal dengan sebutan cave tubing. National Geographic juga pernah meliput keindahan berwisata di Gua Pindul. Gua Pindul dibuka secara resmi untuk umum pertama kali pada tahun 2010.

Keajaiban alam ini sudah menarik perhatian puluhan ribu wisatawan sejak tahun 2010, baik domestik ataupun mancanegara. Di tahun pertama tercatat hanya ada 120 wisatawan saja. Tahun 2011 tercatat 18.000 pelancong. Dan tahun 2012 tercatat 40ribua lebih pengunjung.

Gua Basah

Gua Pindul termasuk ke dalam golongan “gua basah” dimana jenis gua ini berbeda dengan kebanyakan gua di Indonesia yang rata-rata bertipe “gua kering”. Di dalam gua pindul terdapat aliran sungai yang mengalir mulai dari mulut gua hingga bagian akhir dari gua ini. Gua ini memiliki panjang kurang lebih 300 meter dengan aliran sungai bersahabat, cukup tenang, dan tidak terlalu banyak gelombang pada aliran sungai ini.

Cukup dengan membayar 30 ribu rupiah per orang, anda sudah bisa bertualang menjelajah Gua Pindul. Biaya tersebut digunakan untuk menyewa ban karet, jaket pelampung serta jasa pemandu yang memandu anda menikmati keindahan pemandangan di gua ini.

Selanjutnya pemandu mulai memandu anda dengan memimpin doa sebelum melakukan perjalanan dan memberikan penjelasan tentang tata tertib yang ada. Hati-hati, mungkin ada makhluk lain yang menghuni gua ini. Gua pindul memiliki 3 lorong, yaitu lorong terang, remang-remang, dan gelap. Pemandu membawa alat penerangan dan memberikan penjelasan tentang apa yang ada di dalam gua ini. Di dalam gua bisa anda temukan stalakmit dan staktit yang berdiri kokoh bagaikan tiang-tiang sebuah bangunan. Selain itu, di Gua Pindul terdapat hewan yang di lindungi yaitu burung seriti, walet serta kelelawar. Sedang bagian gelap Gua Pindul, ditujukan untuk konservasi kelelawar.

Baca Ini Aja Deh.... :  Misteri Hisapan Ombak Pantai Parangtritis

Harap dicatat, ditengah perjalanan menjelajah gua pindul akan anda temukan bagian gua yang sangat sempit sehingga antri harus bergantian untuk melalui bagian tersebut karena hanya mampu dilewati oleh satu ban karet saja. Menjelang akhir perjalanan menyusuri gua, anda akan menemukan tempat yang bisa digunakan uji nyali melompat ke air. Di sini anda akan merasakan sensasi yang menakjubkan ketika melompat dari tempat tersebut. Untuk menyusuri gua ini diperlukan waktu kurang lebih 1 jam. Jangan khawatir, satu jam tidak terasa berlalu sangat cepat karena Sang Pencipta alam akan menghipnotis anda dengan keindahan yang ada di dalam gua pindul ini.

Dulunya WC Apung

Menurut Subagyo, salah satu penggagas dan pengurus objek wisata alam itu mengakui tingginya minat wisatawan terhadap situs wisata yang baru dibuka pada Oktober 2010 itu di luar dugaan warga desa Bejiharjo. Memang luar biasa, seperti kata Subagyo. Objek wisata yang dikelola hanya oleh warga Desa Bejiharjo itu tidak hanya bisa menarik ribuan wisatawan dalam waktu singkat tetapi juga bisa meningkatkan kesejahteraan warga lokal.

Subagyo menuturkan kehadiran situs wisata Gua Pindul telah memberikan lapangan kerja baru bagi 120 warga yang kini bekerja sebagai pemandu wisata dan warga lainnya yang berdagang di sekitar gua tersebut. Bandingkan saja, dulunya banyak yang bekerja sebaga buruh tani dengan penghasilan rata-rata Rp.350.000,- per bulan. Kini, mereka bisa meraup untung rata-rata hingga Rp.2,5 juta dari bisnis pariwisata Gua Pindul ini.

Pencarian Wisata Favorit:

gua pindul,guo pindul,hewan apa saja yang dilindungi di goa pindul,Doa pindul pacitan,apakah di goa pindul ada makhuk lain,objec wisata pindul,penginapan di pindul,pengurus gua pindul amburadul,penjelasan singkat tentang nama gua pindul,sejarah konservasi goa pindul,tumbuhan apa saja yang di lindungi di koservasi di goa pindul,Wahana sungai di dalam gua,jam operasional goa pindul,hewan yang dilindungi di goa pindul,hewan apa saja yang dilindungi konservasi goa pindul,hewan apa saja yang dilindungi di konservasi goa pindul,gua pidul,gua pantai penjelasannya,doa di gua pindul,destinasi cinderamata di sekitar gua pindul,dari goa pindul ke waterboom berapa jam,wisata gua pindul

Pages: 1 2 3

Advertisement
tags: , ,