Gunung Tangkuban Perahu

October 22, 2013, Category: Jawa Barat · 2 Comments

gunung tangkuban perahuBerada sekitar 20 kilometer ke arah utara kota Bandung, Gunung Tangkuban Perahu memiliki sejuta pesona bagi wisatawan. Selain menikmati pemandangan pegunungan yang asri, anda pun dapat menikmati keindahan kawah putih yang merupakan sisa dari letusan gunung tersebut. Seperti namanya, Gunung ini memang berbentuk seperti perahu jika dilihat dari kejauhan sisi selatan Bandung.

Mengambil foto-foto berlatar belakang puncak gunung atau kawah putih, menelusuri tepi kawah agar bisa melihat mata air panas secara lebih dekat, atau merebus telur di mata air panas adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa anda nikmati di Gunung Tangkuban Perahu. Dari puncak gunung, anda dapat menikmati indahnya ciptaan Yang Maha Kuasa di tengah lingkungan yang masih alami.

Legenda Tangkuban Perahu

Bagi masyarakat setempat, keberadaan Gunung Tangkuban Perahu berkaitan dengan cerita rakyat masyarakat Sunda tentang Dayang Sumbi yang hendak dinikahi oleh Sangkuriang yang tak lain adalah anaknya sendiri. Karena kemarahan Sangkuriang yang tidak bisa memperistri Dayang Sumbi, dia pun menendang perahu yang awalnya digunakan sebagai syarat untuk menikahi Dayang Sumbi hingga akhirnya perahu tersebut berubah wujud menjadi gunung yang berada di Propinsi Jawa Barat tersebut.

Memutuskan untuk berliburan di sana tidak akan membuat anda kerepotan dalam hal akomodasi. Di sekitar area gunung tersebut, anda dapat menemukan sejumlah penginapan seperti hotel, villa dan guest house, serta tempat makan yang menyajikan makanan lezat sesuai dengan selera anda. Namun, mengingat Gunung Tangkuban Perahu masih tergolong aktif, akan terdapat aturan-aturan yang akan diberlakukan oleh petugas daerah setempat untuk menjaga keselamatan anda.

Rute ke Tangkuban Perahu

  • Jalur darat angkutan umum atau kendaraan pribadi, anda dapat menuju Terwinal Leuwipanjang (Bandung) untuk selanjutnya naik bus ke arah Bandung – Indramayu melalui Subang. Anda dapat turun di pertigaan gerbang Tangkubanperahu atas. Alternatif lain adalah melalui jalur Subang, dimana anda naik elf jurusan Pamanukan – Subang – Bandung dan turun di pertigaan gerbang Tangkubanperahu atas.
  • Jalur kereta. Jika menggunakan jalur kereta, anda dapat naik kereta api jurusan Stasiun Hall untuk selanjutnya naik angkot L300 ke Lembang. Kemudian ketika sampai di perempatan Lembang – Marabaya dan Tangkubanperahu, anda dapat turun dari angkotan tersebut untuk naik angkot ke arah Cikole yang nantinya akan membawa anda hingga ke pinggir kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Pencarian Favorit:

  • jalur ke tangkuban perahu
  • rute serang-gunung tangkupan prahu

Comments

2 Responses to “Gunung Tangkuban Perahu”
  1. wisata Dieng says:

    harus dimasukin list kunjungan nih..

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. [...] anda berkunjung ke Pantai Pandawa. Lokasi pantai Pandawa berada dalam satu deretan dengan Pantai Gunung Payung, Desa Kutuh. Oleh karenanya anda bisa juga menikmati  indahnya pemandangan Air [...]



Related Posts

  • menara suar pulau biawakPulau Biawak Indramayu
  • Belum banyak wisatawan yang tahu dimana letak Pulau Biawak, termasuk anda kah? Padahal loaksinya tidak.......
  • wisata junglelandWahana Rekreasi Jungleland
  • Jungleland hadir sebagai tempat wisata berkelas internasional yang ada di Indonesia. Jungleland menemani Dufan Ancol.......
  • Hotel di Puncak: Novus Resort and Spa
  • Novus Puncak Resort & Spa terletak di wilayah pegunungan kota Bogor tak jauh dari Jakarta........
  • curug cikasoPantai Ujung Genteng
  • Jika Pulau Bali memiliki Tanah Lot yang wajib dikunjungi sebagai tujuan liburan baik untuk wisatawan.......
  • peta mekarsariTaman Buah Mekarsari Bogor
  • Taman Buah Mekarsari menjadi salah satu ikon wisata favorit di wilayah Bogor. Taman rekreasi Mekarsari.......
Mungkin Anda suka ini..close