Pantai Pandawa, Terkenal Gara-gara FTV

June 20, 2013, Category: Bali · 5 Comments

tebing kabur pantai pandawaPantai Pandawa memang terdengar asing bagi Anda yang jarang bepergian. Apalagi jika belum pernah ke Bali sama sekali, mungkin yang Anda kenal adalah Kuta, Sanur, dan danau Batur. Tahukah Anda bahwa Pantai Pandawa adalah salah satu tujuan wisata di Bali yang sedang naik daun? Dulu memang pantai ini sepi pengunjung dan berkesan angker. Namun konon kabarnya, gara-gara sebuah sinetron sering rekaman di Pantai Pandawa, pantai tersebut mendadak ramai dikunjungi. Penasaran kan?

Baru-baru ini, Bali membuka destinasi wisata baru yaitu Pantai Pandawa. Letaknya di desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan , Kabupaten Badung. Jaraknya sekitar 3 km dari Nusa Dua dan dan Pura Uluwatu. Dulunya Pantai Pandawa dikenal sebagai Secret Beach, hal ini dikarenakan lokasi pantai tersembunyi dibalik deretan bukit batu yang hanya ditumbuhi semak-belukar. Secret Beach, menurut beberapa warga Desa Kutuh sudah lama dikenal. Namun sayang akses menuju lokasi tergolong sulit alias masih terisolasi. Hal itu membuat Pantai Pandawa sepi pengunjung. Kalaupun ada, kebanyakan mereka adalah para peselancar asing dan domestik yang yang sudah bosan dengan pantai lain. Melihat potensi yang ada, Pemkab Badung menyadari potensi wisata Pantai Pandawa. Dan, saat ini akses menuju kesana semakin mudah untuk dilalui kendaraan.

Nama Pantai Pandawa tidak lepas kaitannya dengan lima patung Pandawa di sisi bukit. Ya, pandawa adalah nama tokoh dalam cerita wayang mahabarata. Selain patung-patung yang unik untuk wisata pantai,Pantai Pandawa menyajikan pemandangan yang tak membosankan. Di kawasan menuju pantai, anda disuguhi indahnya pemandangan tebing dipapas tegak, sebagian berundak, di kanan-kiri jalan. Sekitar 1,5 km jalan menuju pantai ini dipagari tebing-tebing kapur yang menjulang tinggi.

Jalan dengan pemandangan tebing kapur tersebut memang sengaja dibuat dengan membelah bukit-bukit kapur yang ada di Desa Kutuh, mirip bukit kapur yang dibelah di Garuda Wisnu Kencana (GWK). Semakin dekat ke pantai, anda akan menemui lubang dan ukiran indah pada tebing-tebing kapur tersebut. Di lubang-lubang itulah patung kelima tokoh Pandawa berada. Mereka adalah Yudhistira (Puntadewa), Bima (Werkudara), Arjuna (Janaka), Nakula, dan Sadewa.

Pantai Pandawa memang romantis. Mungkin kurang cocok bagi yang suka petualang. Pantai Pandawa berpasir putih bersih, airnya berwarna hijau kebiruan, lazimnya pantai di kawasan bukit. Suasanaya sepi dan tenang, sangat romantis. Makanya tidak heran jika sinetron FTV beberapa kali mengambil shooting di sana.

patung pantai pandawa

Lokasi Patung Pandawa

Bagi Anda yang suka mandi di laut, pantai Pandawa memang pas. Dasarnya tidak terjal dan ombaknya tidak menakutkan karena sudah pecah di tengah laut. Pasir lembut di bibir pantai membuat siapapun akan betah bermain pasir. Lagi-lagi soal romantisme, pantai Pandawa berada di sisi timur Pulau Bali, oleh karenanya anda bisa menikmati matahari terbit (sun rise) di Pantai Pandawa.

Pesona wisata lainnya di Pantai Pandawa adalah aktivitas para petani rumput laut di sepanjang bibir pantai. Ada juga olahraga adrenalin seperti paralayang dan motor trail diatas bukit. Ada bonus jika anda berkunjung ke Pantai Pandawa. Lokasi pantai Pandawa berada dalam satu deretan dengan Pantai Gunung Payung, Desa Kutuh. Oleh karenanya anda bisa juga menikmati  indahnya pemandangan Air Terjun Pantai Gunung Payung yang tumpah ke pantai. Mau ke Bali? ya ke Pantai Pandawa.

Pencarian Favorit:

  • pantai pandawa bali
  • Pantai Pandawa
  • ftv yang pernah shooting di bali
  • judul film shooting ftv yg dibali
  • Judul film yg lokasi di jogja
  • lokasi syuting ftv di bali
  • pantai pandawa di pacitan

Comments

5 Responses to “Pantai Pandawa, Terkenal Gara-gara FTV”
  1. Ahsan Fero says:

    i like pandawa beach

  2. Adhi Prakosa says:

    bagus ya pantainya walo tersembunyi

  3. Gos Toh says:

    q pernah liat film nya tu d FTV ….

  4. Raja Maritim says:

    hidden paradisenya bali ini

  5. Pantai Pandawa adlh pantai yang sangat indah dan mempesona….

Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close