Pantai Sawarna

September 2, 2012, Category: Banten · 31 Comments

Pantai Sawarna merupakan tempat wisata pantai baru di sisi selatan Propinsi Banten. Dan sejak tahun 2000-an mulai banyak pengunjung yang mengunjungi Pantai Sawarna. Nama Pantai Sawarna populer lewat dunia maya dan termasuk obyek wisata baru yang populer di abad ini. Tempat wisata lain yang potensial menjadi tempat wisata baru adalah Pantai Indrayanti di Yogyakarta dan Situs Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat.

Kawasan ini dulunya berupa hutan pantai yang dikenal dengan nama Desa Siluman. Kawasan eks desa siluman itu kini bangkit menjadi tujuan wisata yang lebih menarik daripada Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Pantai ini masih berada dalam satu garis pantai dengan Pelabuhan Ratu. Kawasan ini dapat dikatakan sebagai mutiara baru di selatan Banten.

Pantai ini memiliki keunikan. Gerbang pantai Sawarna dengan Desa Sawarna dipisahkan oleh aliran sungai dangkal yang cukup lebar. Siapapun yang ingin pergi ke desa tersebut harus melewati jembatan kayu gantung.  Tentu in imenjadi pengalaman unik dan menantang layaknya sedang mengikuti outbound.

Lokasi dan Akses

Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Berjarak 150 km dari Rangkasbitung, Ibu Kota Kabupaten Lebak.  Pesona Pantai Sawarna sangat lengkapdengan adanya gelombang spektakuler dan menantang untuk para pencinta olahraga selancar. Salah satu lokasi favorit peselancar mancanegara adalah Ciantir.

Pemerintah belum melihat serius potensi wisata Pantai Sawarna. Ini terlihat dari belum adanya petunjuk arah di papan petunjuk jalan warna hijau keluaran DLLAJ. Selain itu, jalan untuk ke pantai ini juga masih belum memadai. Namun jangan khawatir, pecinta wisata pantai dan fotografi sudah banyak yang mengulas keindahan dan serba-serbi pantai Sawarna. Termasuk keberadaan situs ini adalah menghadirkan informasi potensi pantai Sawarna.

Pantai Sawarna bisa ditempuh dari dua arah, yaitu dari Jakarta ke arah Barat via Pandeglang atau dari Jakarta ke selatan via Pelabuhan Ratu di Sukabumi dan menyusur pesisir selatan. Rute Jakarta-Tangerang-Tigaraksa-Lebak-Malingping-Bayah bisa memakan waktu 6,5-7 jam. Sedang Rute Jakarta-Sukabumi via Pelabuhan Ratu hanya perlu 4,5 jam saja. Secara umum, untuk saat ini melewati Sukabumi lebih nyaman dengan jalan yang lebih bagus dari Lebak ditambah banyaknya pesona alam selama perjalanan. Kalau suatu saat pemda Banten membuat akses ke Pantai Sawarna dengan jalan 4 lajur seperti Tigaraksa, tentu akan lebih cepat melalui Tigaraksa-Lebak.

Keindahan Pantai Sawarna

Menurut penuturan warga setempat, untuk saat ini saja setidaknya sudah ratusan pengunjung setiap harinya. Dan berkunjung beberapa jam saja masih terasa kurang untuk mengeksplorasi semua pesona alam di sektiar pantai Sawarna. Memang belum ada pengelola yang menyiapkan berbagai fasilitas dan informasi namun warga setempat banyak yang berinisiatif untuk membuat homestay dengan tarif Rp 120.000,- per orang per hari sudah termasuk makan.

Kondisi homestay relatif sama. Hanya saja ada pemilik yang sengaja melengkapi fasilitas dengan penyejuk ruangan (AC) dan TV parabola. Salah satunya adalah Hula-hula Homestay, anda bisa menghubungi ibu Mila di nomor HP 081646992036.

Kalau ada waktu, sempatkan untuk menginap 2-3 hari di Pantai Sawarna. Di sekitar pantai ini terdapat banyak keindahan alam yang masih perawan alias belum dikembangkan menjadi tempat wisata. Tempat-tempat eksotik itu diantaranya Tanjung Layar, Pulau Bokor (Cipamadangan), Pulau Manuk , dan Gua Laylay. Gua Laylay adalah kerajaan kelelawar karena dihuni ribuan kelelawar liar. Dan mungkin saja bisa jadi batman di Gua Laylay.

Dengan keindahan alam di Pantai Sawarna ini, banyak pecinta fotografi bereksplorasi. Banyak pula wisatawan mancanegara yang telah berkunjung, salah satunya dari Denmark. Semoga dengan banyaknya pemberitaan di dunia maya (internet), pemerintah setempat sadar untuk memajukan kawasan ini menjadi tempat wisata favorit dengan akses jalan yang memadai.

Pencarian Favorit:

  • Pantai sawarna
  • sawarna beach
  • Lokasi pantai sawarna
  • pantai sawarna sukabumi
  • letak pantai sawarna
  • yhs-fullyhosted_003
  • sawarna

Comments

31 Responses to “Pantai Sawarna”
  1. Ngapz IRuell Cantona says:

    kalu dari stasiun rangkas bitung untuk ke sawarna itu naek apa ia?
    thanks di tunggu info nya :)

  2. Lifinda Prinse M says:

    wow

  3. Frias Widodo says:

    Bang klo boleh tau pintu masuk harganya berapa yahh ?

  4. Anonymous says:

    kl dr terminal sukabumi naek apa ya?

  5. kalo dari bandung berapa kilometer ya Om?

  6. Cabut gan libur pkl balik bandung mampir tarek transitnya

  7. Rafiq Ahmad says:

    hmmmmm keren disana dilengkapi dengan orang yang berjualan gk?

  8. Fino Black says:

    Pantai swarna memang beatifull

  9. Fadil Leo says:

    Mg2 tgl 7 bsk ksampesn prg kpantai sawana aamiin

  10. Cipluk Ciuts says:

    Ngayal bos.ati2 ah kpleset..nyungseb dah ke bwh

  11. wah pantai sawarna.. ini yg saya pakai jadi poto profil lg pantai sawarna… hahahaah ini pas tujuan TOURING pertama walau ada musibah tp smuanya ilang pas udah sampe! pantai nya indah tp akses jln masih kurang bagus….

  12. Irman Syah says:

    Pngen nyoba k sutu. . Pnasaran dngan k indah'n sprti up

  13. sukses admin ,waaaaaaaaaaaaaah kiarin ane di anyer lokasinnya salam hxxp://www.bookingvillaistanabunga(dot)com

  14. rijla maulana says:

    sukses admin ,waaaaaaaaaaaaaah kiarin ane di anyer lokasinnya salam hzzp://www.bookingvillaistanabunga.com

  15. Wah rupanua ada pantai lain selain anyer ya.. baguskah pantai sawarna

  16. dieng says:

    wih keren! pengen kesini kapan2 mumpung belum terlalu ramai.

  17. Pantai Sawarna says:

    hxxp://penginapansawarna.blogspot.com/

  18. zaqor says:

    ijin buat referensi artikel ya gan,, :D

  19. Klo dari ciledug tangerang naik apa ?a menuju sana,,
    Dan klo dh di sana naik kendaraan apa?

    • dari Ciledug anda harus ke terminal Poris terlebih dulu. Jika ingin lewat tangerang, angkutan relatif repot karena harus sambung menyambung melewati rute2 tsb. Berbeda jika melalui sukabumi yg lebih mudah. Kecuali jika anda menggunakan kendaraan sendiri maka bisa lewat tol jakarta-merak, keluar di gerbang tol Balaraja Barat, ikuti jalan menuju Cikande, sebelum cikande ada pertigaan besar serong ke kiri, ikuti hingga lebak dan berakhir di Sawarna.

  20. bow says:

    Kalo dari tangerang wisata kesana nyewa bus besar. Bisa ga ya sampe sana? Katanya jalan disana sempit?

  21. dude says:

    pake bus besar masuk gk jalanya??

  22. Kiki Alief says:

    kalo pake Bus.
    bisa langsung nyampe ke pantai sawarna gak?

  23. ikhsan says:

    salam kenal..
    info mengenai pantai carocok emang berguna dan bermanfaat. mana tau saya akan kesana lain kali.
    klik disini untuk kunjungi balik kekami ya.
    terima kasih.

  24. awan says:

    jauh juga ya walaupun dari tangerang..

  25. Sri Fauzah says:

    kalau naik kereta bisa nyampai berapa jam?

Trackbacks

Check out what others are saying about this post...
  1. […] Pantai Pandawamemang terdengar asing bagi Anda yang jarang bepergian. Apalagi jika belum pernah ke Bali sama sekali, mungkin yang Anda kenal adalah Kuta, Sanur, dan danauBatur. Tahukah Anda bahwa Pantai Pandawa adalah salah satu tujuanwisata di Bali yang sedang naik daun? Dulu memang pantai ini sepi pengunjung dan berkesan angker. Namun konon kabarnya, gara-gara sebuah sinetron sering rekaman di Pantai Pandawa, pantai tersebut mendadak ramai dikunjungi. Penasaran kan? […]

  2. […] ke Pantai Sawarna terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Berjarak 150 km dari […]



Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close