Pulau Pari

June 3, 2013, Category: Jakarta · Leave a Comment

Pulau Pari sedang menjadi primadona wisata di kawasan Jakarta. Mungkin anda juga baru tahu bahwa Pulau Pari sedang ramai dibicarakan oleh pecinta wisata bahari. Pulau pari berada di tengah gugusan Kepulauan Seribu. Pantainya tergolong berpasir putih dan airnya jernih kehijauan.

Pulau Pari bisa ditempuh 1,5 jam perjalanan dari Dermaga Marina di Ancol atau dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke, Jakarta Utara menggunakan kapal cepat. Pulau Pari berada tidak jauh dari Pulau Tidung, Lancang, Rambut, dan Pulau Pramuka. Pulau Pramuka sendiri sebagai pusat pemerintahan wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu.

Dari pulau-pulau yang berdekatan itu, Pulau Pari bisa ditempuh dengan 30 menit perjalanan. Pulau Pari menjadi salah satu tempat wisata favorit karena lokasinya yang strategis dan menjadi salah satu titik singgah kapal cepat angkutan umum milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan rute Kepulauan Seribu-Muara Angke sehari dua kali.

Tidak jauh berbeda dengan saudaranya yang telah lebih awal berkembang sebagai tujuan tempat wisata seperti Pulau Tidung, Bidadari, Kotok, Ayer dan Putri, Pulau Pari memiliki potensi alam indah yang selama ini belum digarap maksimal.

Melihat potensi yang dimiliki Pulau Pari, pemerintah daerah setempat dan warga sadar hingga akhirnya berinisiatif mengembangkan sebagai salah satu tujuan wisata favorit. Evolusi Pulau Pari menjadi tujuan wisata bahari di Kepulauan Seribu berkaitan erat dengan meningkatnya volume wisatawan ke Kepulauan Seribu.

Objek Wisata Unggulan

Pulau Pari mempunyai obyek wisata unggulan dan sangat disayangkan jika terlewat. Ketigatempat wisata itu adalah Dermaga Bukit Matahari, Pantai Perawan, dan Pantai Pasir Kresek. Ketiga tempat wisata tersebut dikelola oleh masyarakat secara swadaya. Pendapatan dari usaha pariwisata dikelola untuk pengembangan infrastruktur dan fasilitas wisata, kebersihan dan perawatan, serta pembiayaan kegiatan sosial masyarakat.

Di Pulau Pari, pengunjung tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai pasir putih dengan air bening, ada juga paket wisata keliling perkampungan menggunakan sepeda, menyelam di perairan dangkal (snorkeling), dan menjelajah tepi pantai menggunakan sampan atau kapal cepat. Semua paket wisata tersebut diselenggarakan oleh masyarakat sebagai penyedia jasa all in one, mulai dari penyewaan alat, pemandu, hingga penginapan.

Tarif Wisata di Pulau Pari

Berikut adalah tariff berbagai pilihan wisata di Pulau Pari:

  1. Masuk ke pantai Rp 2.000 per orang
  2. sewa sepeda Rp 20.000 per hari,
  3. peralatan menyelam Rp 35.000 per orang,
  4. banana boat Rp 35.000 per orang,
  5. perahu Rp 400.000 untuk 10 orang.

Angka ini tak jauh berbeda dengan tarif beberapa penyedia jasa di Pulau Pramuka.

Dulunya Ilalang

Menurut penuturan pengelola Pulau Pari, dulunya tidak terawatt dan hanya berupa Ilalang. Tetapi lokasi ini sebenarnya sangat potensial karena pantainya yang landai, relatif bersih, dan berpasir putih. Sebagaimana umumnya tempat wisata, wisatawan ramai memadati Pulau Pari setiap akhir pecan atau hari libur nasional.

Sejak dibuka sebagai tempat wisata pada 2010, Pulau Pari mencatat menarik pengunjung sebanyak 217.000 orang pada tahun 2010 dan 558.000 pada tahun 2011. Daya tarik wisata Pulau Pari semakin kuat semenjak pelabuhan penumpang Muara Angke resmi dibuka pada 2012. Dalam sehari ada 6-8 kapal motor dengan kapasitas 250 orang siap melayani penyeberangan ke sejumlah titik di Kepulauan Seribu salah satunya Pulau Pari.

Related Posts

  • Sejarah monumen pancasila saktiSejarah Berdirinya Monumen Pancasila Sakti
  • Monumen Pancasila Sakti menjadi pengingat sejarah bahwa berbagai usaha untuk menerapkan ideologi komunis di Indonesia.......
  • pulau tidung-uji nyaliPulau Tidung
  • Pulau Tidung merupakan salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Pulau.......
  • jalur busway jakartaDaftar Trayek Angkutan Umum di Jakarta
  • Jakarta adalah kota propinsi. Kota sekaligus sebuah propinsi. Untuk ukuran sebuah kota tergolong besar dan.......
  • Seaworld Indonesia
  • Indonesia merupakan negara kepulauan dengan lebih 17.504 pulau tersebar dari Sabang di Sumatra hingga Merauke.......
Mungkin Anda suka ini..close