Taman Pintar Yogyakarta

March 24, 2013, Category: Yogyakarta · 3 Comments
taman pintar yogyakarta

Gapura Taman Pintar

Taman Pintar merupakan gagasan pemerintah kota Yogyakarta untuk memfasilitasi besarnya minat masyarakat terhadap ilmu pengetahuan. Gelar Kota Pelajar sedikit banyak mempengaruhi pendirian tempat wisata dan belajar Taman Pintar Yogyakarta ini.

Dengan segementasi utama pelajar pra-sekolah hingga sekolah menengah bisa dengan leluasa mendalami pelajaran sains di sekolah melalui pengamatan langsung. Secara sederhana, Taman Pintar adalah laboratorium dengan kemasan rekreasi.

Target utama pembangunan Taman Pintar adalah mendukung program pembelajaran regular di sekolah sejak dini dengan mengasah kreativitas anak didik sedini mungkin dengan harapan akan semakin banyak innovator teknologi yang muncul dari Indonesia.

Lokasi Taman Pintar sangat strategis dan nyaman untuk dikunjungi kapan saja. Bangunan Taman Pintar dibangun di kawasan bekas pusat perbelanjaan (shopping center). Dengan penataan seperti ini dengan pertimbangan adanya keterkaitan yang erat antara Taman Pintar dengan fungsi dan kegiatan bangunan yang ada di sekitarnya, seperti Taman Budaya, Benteng Vredeburg, Societiet Militer dan Gedung Agung.

Relokasi area dimulai pada tahun 2004 dengan beberapa tahap pembangunan. Setelah semua tahap selesai, peresmian besar-besaran (Grand Opening) digelar pada 16 Desember 2008 oleh presiden RI Soesilo Bambang Yudhoyono.

Program

Sebagai tempat yang dirancang untuk menumbuhkan sekaligus mengasah kreativitas pelajar, Taman Pintar menyediakan beberapa program yang bisa dipraktikkan secara langsung oleh para pelajar. Diantara program unggulan tersebut adalah penyiar (presenter) TV dan animasi, kunjungan terkemas, Rumah Batik, Program Kreativitas, dan RUmah Gerabah.

Kunjungan Rombongan Sekolah

Sebagai wahana rekreasi dan belajar, Taman Pintar terbuka untuk umum tidak terkecuali bagi rombongan pelajar. Namun mengingat besarnya minat kunjungan ke Taman Pintar, ada baiknya anda mengikuti prosedur berikut:

  • Minimal jumlah rombongan sekolah  adalah 20 orang,yang terdiri dari siswa & guru .
  • Membawa/ menyampaikan surat pemberitahuan kunjungan resmi dari sekolah,ditujukan kepada Kepala Kantor Pengelolaan Taman Pintar.
  • Ketentuan ini berlaku hanya bagi Rombongan sekolah yang berkunjung pada hari Selasa – Sabtu (tidak berlaku di Hari Ahad/Libur Nasional).

Wahana Utama Taman Pintar

Beberapa wahana utama yang bisa anda coba di Taman Pintar Yogyakarta adalah sebagai berikut:

  1. MEMORABILIA. Terdapat alat peraga tentang pengetahuan sejarah Indonesia, seperti sejarah Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, tokoh pendidikan, dan presiden Republik Indonesia pertama hingga saat ini
  2. PLANETARIUM. Terdapat alat peraga berbentuk pertunjukan film pengetahuan tentang antariksa dan tata surya
  3. GEDUNG OVAL KOTAK. Terdapat berbagai alat peraga bermuatan edukasi ilmu pengetahuan (sains) dengan kemasan menyenangkan dan bisa diperagakan. Diantara alat peraga tersebut adalah diorama prasejarah, akuarium, van de graaf, perpustakaan, gamelan, tata surya, kelistrikan, dan magic step.
  4. SIMULATOR GEMPA. Zona simulator gempa ini baru dibangun pada 2013 ini. Diharapkan akhir 2013 sudah bisa melengkapi zona rekreasi edukasi di Taman Pintar.
  5. PLAYGROUND. Zona ini bisa anda gunakan untuk penyelenggaraan aktivitas luar ruangan (outdoor) dengan ukuran 5 x 30 meter berada di sisi jalan masuk. Waktu pemakaian maksimal 8 jam sehari. Informasi selengkapnya bisa menghubungi Seksi Humas dan Pemasaran di nomor 0274-583631 ext.2
  6. TEATER 3 DIMENSI. Teater ini menampilkan film 3 dimensi dimana pengunjung seolah-olah berada dalam film tersebut dan terasa nyata. Teater 3D Taman Pintar berkapasitas 140 kursi dengan durasi pemutaran 15 menit sekali tayang. Tiket masuk wahana ini Umum/Dewasa Rp.20.000/orang ; Pelajar Rp.15.000/orang ; Rombongan Rp.15.000/orang.
  7. PROGRAM KREATIVITAS. Program ini menawarkan pelatihan kreativitas dalam bentuk workshop yang interaktif dimana peserta dapat membawa pulang hasil karyanya. Namun anda harus membayar tiket untuk mengganti biaya operasional dan bahan sbb: Buat Gerabah/Clay Rp   5.000,- ; Lukis Gerabah Rp 10.000,- ; Lukis Kaos Anak Rp 30.000,-; Lukis Kaos Dewasa Rp 40.000,- .Informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi Seksi Pengembangan Keprograman Taman Pintar (0274-583631 Ext.3)

 

Fasilitas Lain

Sebagai tempat wisata dan pendidikan, Taman Pintar dilengkapi berbagai fasilitas untuk memanjakan pengunjung dari berbagai usia. Fasilitas penunjang diantaranya adalah Food Court, ruang Audiovisual, area bermain (playground), dan ruang pertemuan multifungsi (exhibition hall).

Harga Tiket Masuk

Taman Pintar mengenakan harga tiket masuk sebesar Rp 8.000,- untuk anak-anak, Rp 15.000,- untuk dewasa, dan Rp 15.000,- untuk planetarium.

Alamat Taman Pintar Yogyakarta

Jl.P.Senopati 1-3 Yogyakarta

Telp.0274-583631,583713 Fax.0274-583664

Selamat menikmati sajian rekreasi dan pendidikan yang menarik di Taman Pintar Yogyakarta.

Pencarian Favorit:

  • taman pintar
  • taman pintar yogyakarta
  • Info lengkap tentang taman pintar
  • manfaat taman pintar sebagai sarana rekreasi dan edukasi
  • taman pintar jogja
  • taman pintar jogjakarta terdapat apa saja
  • daya tarik objek wisata taman pintar

Comments

3 Responses to “Taman Pintar Yogyakarta”
  1. I Like Taman Pintar

  2. Berliano Ade Vitra Permana says:

    6gc

  3. Adam Malik says:

    mendi sih tujuan pelestarian"e

Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close