Taman Safari Puncak Bogor

June 27, 2012, Category: Jawa Barat · 2 Comments

Indonesia sebagai negara kepulauan dan kaya akan keanekaragaman hayati. Keragaman hayati berupa flora dan fauna sangat melimpah di Zamrud Khatulistiwa. Beraneka ragam tanaman bisa anda temukan dan saksikan di Kebun Raya Bogor. Sedang berbagai macam fauna baik domestik maupun mancanegara seperti Komodo, Bison, Beruang Hitam Madu,Harimau Putih, Gajah, Anoa dan lain sebagainya.bisa anda saksikan di Taman Safari Indonesia (TSI).

Taman Safari Indonesia Cisarua adalah Taman Safari yang pertama kali didirikan di Indonesia selain Taman Safari di Pasuruan dan Taman Safari di Bali. Taman Safari Indonesia II terletak di lereng Gunung Arjuna, Kecamatan Prigen,Pasuruan, jawa Timur. Sedang Taman Safari Indonesia III dibangun di desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Bali.

Taman Safari Bogor,Jawa Barat merupakan salahsatu dari sekian banyaknya tempat wisata yang populer di Indonesia.Taman Safari Indonesia Cisarua terletak di Desa Cibeureum Kecamatan Cisarua. TSI Cisarua merupakan wahana rekreasi yang sangat menarik untuk dikunjungi sekeluarga.

Taman Safari Indonesia I dibangun pada tahun 1980 pada sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Taman Safari Indonesia Cisarua menjadi penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Taman Safari Indonesia I ini terletak di ketinggian 900-1800 meter di atas permukaan laut (dpl) dan mempunyai suhu rata-rata 16 – 24 derajat Celsius.

Taman Safari Indonesia I ditetapkan sebagai Obyek Wisata Nasional Indonesia oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi  tahun 90-an, tepatnya pada 16 Maret 1990. Lebih lengkap lagi, Taman Safari Indonesia Cisarua juga diresmikan menjadi Pusat Penangkaran Satwa Langka di Indonesia oleh Hasyrul Harahap, Menteri Kehutanan pada Kabinet Pembangunan kala itu. Adapun pengelolaan kawasan di Taman Safari Indonesia I dipercayakan kepada Yayasan Taman Safari yang juga merupakan pemilik dan pengelola obyek wisata.

Fasilitas di Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak

Untuk memanjakan para wisatawan, pihak pengelola Taman Safari menediakan berbagai fasilitas yang bisa digunakan seperti bus safari, danau buatan, sepeda air, kano, kolam renang dengan seluncur ombak, kereta api mini yang melintasi perkampungan ala Afrika,taman burung, baby zoo, kincir raksasa, gajah tunggang, kuda tunggang, komedi putar, pentas sirkus, area gocart, children’s play ground, bom bom car, rumah setan, kesenian tradisional dan sulap di panggung terbuka Balai Ruyung Safari. Untuk keperluan melihat berbagai jenis satwa telah disediakan safari trek, caravan & hotel, dan wild-wild west.

Wahana Wild-wild West, merupakan wahana yang menarik untuk di saksikan. Pertunjukannya dilakukan di dalam arena yang disetting ala koboi, dengan atraksi koboi yang memukau. Pertunjukan ini dapat disaksikan secara gratis setiap hari, selama lebih kurang 15 menit. Pertunjukan koboi ini digelar setiap hari pada pukul dua siang. Penonton disediakan tempat duduk di tribun dengan setting setengah melingkar. Sehingga semua pertunjukan bisa terlihat jelas dari atas tribun. Suara ringkihan kuda, pistol dan dinamit para koboi, seakan berada begitu dekat, karena efek dari sound system yang dipasang.

Selain wahana tersebut, ada lagi wahana menarik lainnya, seperti di baby zoo, di wahana ini Anda bisa berfoto bersama dengan harimau putih, macan tutul, orang utan dan lain-lain. Salah satu wahana dan program baru di Taman Safari Indonesia I adalah Elephant Adventure. Wahana ini mengajak para pengunjung dengan menunggang di atas punggung gajah mengelilingi kawasan TSI I sekitar satu jam lamanya. Tak perlu khawatir, setiap ekor gajah dipandu oleh pawang dan bisa ditumpangi empat orang dewasa.

Gajah tersebut akan melewati medan yang berumput dan melewati arus air sehingga pengunjung benar-benar bisa menikmati panorama alam yang ada di Taman Safari Indonesia Puncak ini. Masih banyak lagi wahana seru di Taman Safari Indonesia I segera kunjungi dan ajak keluarga tercinta untuk menikmati serunya berwisata ala Tarzan di Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor.

Wahana Balon Udara

Di awal tahun 2012 ini, TSI memberikan wahana baru yaitu Balon udara panas. Balon ini adalah teknologi penerbangan pertama oleh manusia, ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783. Penerbangan pertama dengan manusia diadakan pada 21 November 1783, di Paris oleh Pilâtre de Rozier dan Marquis d’Arlandes. Balon udara panas dapat dikendalikan dan bukan hanya dibawa angin yang dikenal dengan airship atau thermal airship.

Dengan menggunakan balon ini, pengunjung dibawa ke ketinggian lebih kurang 40 meter. Dari atas, pengunjung dapat melihat keindahan lingkungan sekitar TSI. Pengunjung dapat melihat gunung Gede-Pangrango di sebelah tenggara TSI. Sensasi ini dapat dinikmati selama 10 menit mengudara.

Balon ini dapat terbang dengan menggunakan teknik udara panas. Udara yang dikumpulkan di dalam balon kemudian dipanaskan menggunakan tungku gas. Gas yang digunakan pun adalah gas khusus yaitu gas propana. Keselamatan dijamin, karena balon udara ini dapat dikendalikan dari bawah dan diikat menggunakan tali-tali dari 8 arah.

Harga Tiket Masuk Taman Safari Indonesia I

Berikut adalah daftar harga tiket masuk ke Taman Safari Indonesia I per Juni 2012 untuk safari siang:

Deskripsi Domestik Asing
Dewasa (6 thn ke atas) Rp 100,000 Rp 180,000
Anak-anak (1 thn s/d 5 thn) Rp   90,000 Rp 160,000
Kendaraan Roda 4 / Mobil Roda 4 Rp   15,000 Rp   15,000
Kendaraan Roda 6 / Bus Rp   20,000 Rp   20,000
Kendaraan Roda 2 / Sepeda Motor Rp     5,000 Rp     5,000

Loket Safari Siang dibuka dari jam 9.00 pagi s/d 5.00 sore.

Rute menuju Taman Safari Indonesia I Cisarua Puncak Bogor

Untuk menuju Taman Safari Indonesia Puncak Bogor ini tidak sulit. Ada dua rute pilihan yang bisa anda lalui. Pertama dari arah barat atau Jabodetabek. Dan kedua,dari arah timur atau Bandung dan Cianjur.

Dari Jabodetabek, ada tiga kendaraan yang bisa digunakan. Dengan Mobil Pribadi, keluar dari tol Ciawi ikuti jalan ke arah Puncak. Setelah memasuki Kecamatan Cisarua, perhatikan sisi kanan jalan terdapat Gapura Besar yang menunjukkan lokasi Taman Safari Indonesia Cisarua Puncak Bogor.

Dengan sepeda motor, keluar Jakarta ikuti Jalan Raya Bogor. Kemudian ikuti Jalan ke Puncak dan setelah memasuki kecamatan Cisarua cermati sisi kanan hingga ketemu Gerbang Taman Safari Indonesia I ini.

Dengan angkutan umum, naik bus (salah satunya Limas) turun di terminal Baranangsiang. Kemudian naik angkot turun di Ciawi. Kemudian naik angkot COLT jurusan Ciawi-Cianjur turun di Taman Safari. Atau bisa juga naik bus jurusan Bogor-Bandung via Puncak.

Dari Bandung/Cianjur, dengan kendaraan pribadi ikuti saja jalan raya Puncak. Sesampai di kecamatan Cisarua perhatikan sisi kiri jalan hingga ketemu Gerbang Taman Safari Indonesia Puncak. Dengan kendaraan umum, naik saja bus jurusan Bandung-Bogor atau Tasikmalaya-Jakarta via puncak turun di Gerbang Taman Safari Indonesai I. Atau dari cianjur naik COLT jurusan Cianjur-Ciawi turun di gerbang Taman Safari.

Penginapan di sekitar Taman Safari Indonesia Puncak

Taman Safari Indonesia memang menawarkan berbagai suguhan yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Mungkin satu hari saja tidakcukup bagi anda sekeluarga untuk menikmati semua wahana yang ada. Tak perlu khawatir,di sekitar Taman Safari Puncak telah tersedia banyak hotel dengan berbagai fasilitas. Untuk hotel mewah anda bisa memiliki Padjadjaran Suites Hotel & Conference, Hotel Lido Lakes, Hotel Novus Puncak Resort & Spa, serta Hotel Sangga Buana.

Alamat Taman Safari Indonesia Puncak

www[dot]tamansafari[dot]com

Jl. Raya Puncak No.601 | Cisarua Jawa Barat, Bogor, Indonesia

Telp. +62 251 8250 000

Pencarian Favorit:

  • alamat taman safari
  • taman safari jawa barat
  • rute taman safari
  • penginapan sekitar TSI bogor
  • objek wisata taman di puncak bogor
  • wisata taman safari
  • rute taman safari bogor

Comments

2 Responses to “Taman Safari Puncak Bogor”
  1. wisata bogor says:

    terima kasih mas… infonya bagus2. emang inilah tempat wisata menarik di bogor…… keren.

  2. Nice info, semoga maju terus gan, lancar reejekinya…amin

Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close