Wisata Bandung

Tempat Wisata Bandung

 Tempat wisata di Indonesia tersaji lengkap di Obyek Wisata Indonesia (OWI). Tempat wisata di Bandung termasuk objek wisata yang banyak diminati wisatawan baik domestik ataupun mancanegara. Bagi orang luar Bandung, semoga informasi ini bermanfaat untuk mengulas beberapa tempat wisata di Bandung kota. Adapun di luar kota Bandung sangat banyak terdapat wisata alam. Sementara untuk menghabiskan waktu di Bandung, anda juga bisa menginap di  banyak hotel di Bandung.

Dan berikut dibawah ini adalah beberapa tempat-tempat rekreasai di bandung atau objek wisata Kota Bandung Jawa Barat.

Kebun Binatang Bandung

Objek wisata Kebun Binatang Bandung bisa anda temukan di Jl. Tamansari. Objek wisata ini mulanya dikenal dengan nama Derenten (dalam bahasa sunda, dierentuin) yang artinya kebun binatang. Kebun Binatang Bandung ddibuat pada tahun 1930 oleh Bandung Zoological Park (BZP), yang dipimpin oleh Direktur Bank Dennis, Hoogland. Pengesahan pendirian Kebun Binatang ini diwenangi oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda dan pengesahannya dituangkan pada keputusan 12 April 1933 No.32. Pada saat Jepang menguasai daerah ini, tempat wisata ini kurang terkelola, hingga pada tahun 1948, dilakukan rehabilitasi untuk mengembalikan fungsi tempat wisata ini.

Museum Geologi Bandung

Objek wisata bandung Museum Geologi dibuat pada tanggal 16 Mei 1928. Museum bersejarah ini telah direnovasi dengan dana bantuan dari JICA (Japan International Cooperation Agency). Setelah mengalami renovasi, Tempat wisata ini dibuka kembali dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000. Sebagai salah satu monumen bersejarah, museum berada di bawah perlindungan pemerintah dan merupakan peninggalan nasional. Dalam Museum ini, tersimpan dan dikelola materi-materi geologi yang berlimpah, seperti fosil, batuan, mineral. Kesemuanya itu dikumpulkan selama kerja lapangan di Indonesia sejak 1850.

Gedung Sate Bandung

Bangunan gedung ini dirancang arsitek Ir J. Berger dari Landsgeboundienst, dinas pembangunan gedung-gedung pemerintah Negeri Belanda. Dibutuhkan tenaga hingga 2.000 orang pekerja. Di antara ribuan pekerja itu, terdapat lebih kurang 150 Cina Konghu atau Kanton, tukang kayu dan pemahat batu yang trampil di negerinya. Arsitek Belanda, Dr. Hendrik Petrus Berlage, menyebut bahwa Gedung Sate beserta rancangan kompleks Pusat Perkantoran Instansi Pemerintahan Sipil Hindia Belanda di Bandung merupakan sebuah karya besar. Sementara Coor Passchier dan Jan Wittenberg, dua arsitek Belanda yang menginventarisir bangunan kolonial di Bandung, menyebut Gedung Sate sebagai sebagai bangunan monumental yang anggun mempesona, serta memiliki gaya arsitektur yang unik, dan gigantik.

Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api adalah monumen yang menjadi markah tanah Bandung. Monumen Bandung Lautan Api ini memiliki tinggi sekitar 45 meter, Monumen ini dibangun untuk memperingati peristiwa Bandung Lautan Api, dimana terjadi pembumihangusan Bandung Selatan yang dipimpin oleh Muhammad Toha.Monumen ini berada di tengah-tengah kota yaitu terletak di kawasan Lapangan Tegallega. Monumen ini menjadi salah satu monumen terkenal di Bandung. Monumen ini menjadi pusat perhatian setiap tanggal 23 Maret mengenang peristiwa Bandung Lautan Api.

Taman Makam Pahlawan Cikutra

Tempat Wisata Taman Makam Pahlawan Cikutra amerupakan sebuah komplek pemakaman untuk pejuang dan tentara di Kota Bandung. Pemakaman ini bterletak di Kelurahan Cikutra, Cibeunying Kidul, Bandung, di bagian timur laut kota.

Taman Ganesha Bandung

Taman Ganesha Bandung merupakan sebuah taman kota yang berada di Jalan Ganesha – Bandung, tepatnya di hadapan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, Taman Ganesha Bandung tidak begitu luas tapi begitu asri.Sebab, hal ini terlihat dari berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya. Taman ini juga dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk refreshing khususnya di siang hari. Karena tempatnya tidak begitu jauh dari Kebun Binatang Bandung, Taman Ganesha Bandung sering digunakan oleh para pengunjung kebun binatang untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati makan siang.

Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman ini adalah tempat yang sangat tepat bagi anak untuk belajar kelalulintasan. Di taman yang sejuk dan nyaman ini, anak-anak bisa menikmati berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini di jalur buatan yang dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas. Dan langsung mempraktekkan pelajaran kelalulintasan dalam suasana permainan yang menyenangkan.

Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat.

Tempat wisata bandung Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini lokasinya berada di sebelah utara Gedung Sate Bandung. Antara monumen dan Gedung sate, ada Taman Kota, Jl. Surapati, Lapangan Gasibu, dan Jl. Diponegoro. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat ini bverdekatan dengan Kampus Universitas Padjajaran di Jalan Dipati Ukur Bandung.

Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Tempat wisata bandung Museum Mandala Wangsit Siliwangi aini merupakan museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat. Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya.

Museum Pos Indonesia Bandung

Museum Pos Indonesia Bandung letaknya tidak begitu jauh dari Gedung Sate, Museum Pos Indonesia Bandung ini hadir sejak zaman Hindia Belanda, atau lebih tepatnya lagi yaitu pada pada tahun 1933 dengan nama Museum (Pos Telegrap dan Telepon) PTT dan menempati bagian sayap kanan bawah gedung kantor PTT . BTempat wisata bersejarah ini didirikan pada tanggal 27 Juli 1920 dengan luas bangunan 706 m2 dan dirancang oleh arsitek Ir. J. Berger dan Leutdsgebouwdienst dengan gaya arsitektur Italia masa Renaissance sebagai sebuah tempat yang mengoleksi perangko-perangko dari berbagai negara.

Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika didirikan oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Gedung ini menjadi sangat terkenal sejak diadakannya Konferensi Asia Afrika tahun 1955, kemudian Konferensi Mahasiswa Asia Afrika tahun 1956 dan Konferensi Islam Asia Afrika yang menyimpan naskah-naskah dan peniggalan-peniggalan Asia Afrika yang terkenal. Gedung ini dibuka untuk umum setiap harikerja dan mudah dicapai dengan menggunakan bus kota jurusan Cicaheum-Cibeureum, Museum ini menampilkan koleksi foto-foto dan barang-barang tiga dimensi yang berhubungan dengan Konferensi Asia Afrika 1955, Benda-Benda KAA, Foto KAA sebelum dan setelah peringatan KAA, Dasa Sila Bandung, Ulas Pers, Patung tokoh-tokoh KAA, Ruang pameran tetap, Ruang aula, Audio visual dan Perpustakaan

Taman Lansia Bandung

Taman Lansia Bandung ini merupakan sebuah taman kota yang lokasinya berada tepat di sebelah kanan Gedung Sate Bandung. Tempat ini juga merupakan sarana refreshing dan istirahat bagi warga kota Bandung maupun warga luar Bandung yang sedang berkunjung ke kota Kembang

Pencarian Favorit:

  • fungsi objek wisata
  • peninggalan monumental bandung lautan api