Wisata Danau di Jawa Barat ~ 1

February 20, 2013, Category: Jawa Barat · Leave a Comment

situ patenggangJawa Barat kaya akan wisata danau. Struktur geografis yang berupa gunung dan perbukitan menambah eksotiknya wisata danau di Jawa Barat. Secara nama, ada beberapa nama yang digunakan terkait dengan asal-usul danau itu sendiri. Namun bagi yang bukan orang Sunda, kebanyakan menyebut semuanya dengan satu kata: danau. Menurut masyarakat setempat, danau-danau itu ada yang dinamakan dengan situ, telaga/talaga, danau, ataupun waduk. Secara fisik, semuanya boleh dikatakan sama, yaitu genangan air raksasa di tengah pulau.

Apa saja wisata danau yang ada di Jawa Barat? Berikut adalah ulasannya:

  1. Situ Lengkong, Panjalu. Terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis. Luasnya sekitar 58 hektar dengan sebuah pulau berada di tengahnya. Pulau tersebut dinamakan Nusa Gede. Di paulau itu terdapat peninggalan purbakala dan petilasan Kerajaan Hindu Panjalu. Dari Bandung, jaraknya sekitar 100km kea rah Timur.
  2. Situ Bagendit. Berlokasi di kabupaten Garut, berjarak 13 km dari pusat kotanya. Tepatnya di kecamatan Banyuresmi kabupaten Garut.  Nama Bagendit diambil dari legenda rombongan Ronggeng Baged dan Nyi Endit. Wisata yang bisa anda coba diantaranya berlayar menggunakan rakit bamboo, sepeda air, kano, jetski dan memancing. Setiap tahun, pemda kabupaten Garut mengadakan festival Situ Bagendit.
  3. Waduk Darma. Terletak di kecamatan Darma, Kuningan, 37 km dari Cirebon. Tiap tahun diadakan festival wisata dengan menampilkan kesenian tradisional khas Kuningan.
  4. Telaga Ramis. Terletak di kaki Gunung Ciremai Cirebon. Tepatnya di kampung Kaduela, kecamatan Mandirancan, kabupaten Kuningan. Dari pusat kota, jaraknya skitar 37 kilometer. Telaga ini luasnya sekitar 13 hektar dengan dikelilingi Taman Hutan WIsata.
  5. Situ Buleud. Merupakan landmark dan ikon pariwisata kebanggan warga Purwakarta. Tepatnya di kampong Situ, desa nagri Kaler, kecamatan Purwakarta. Nama Buleud diambil dari bentuknya yang nyaris bulat sempurna. Buleud adalah bahasa sundanya bulat.
  6. Situ Gunung. Tertelak di kabupaten Sukabumi. Di  Situ Gunung, anda bisa menikmati camping ground, playground, dan telah disediakan penginapan untuk menikmati sejuknya udara pegunungan.
  7. Situ Mustika. Dengan areal seluas 5 hektar dan ada sebuah pulau di tengahnya. Resmi dibuka sebagai wana wisata (hutan wisata) sejak tahun 1985. Ada sepeda air untuk rekreasi atau sekedar bertuaang di hutan wisatanya.Terletak di kecamatan Cisaga, Kota Banjar, 27 km dari Ciamis.
  8. Situ Cangkuang. Berada di Desa Cangkuang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut. Di tengah Situ ini terdapat candi yang dinamakan sesuai lokasinya, yaitu Candi Cangkuang. Nama Cangkuang sendiri diambil dari nama pohon cangkuang (Pandanus Furcatus) yang ada di sekitar situ dan masih ada hingga saat ini. Candi Cangkuang saat kerajaan Sunda pertama, kerajaan Galuh yang menganut agama Hindu. Tak jauh dari Situ, terdaapt makam penyebar agama Islam dari kerajaan Mataram Islam bernama Arif Muhammad yang meninggal di abada 17. Luas Situ cangkuang sekitar 340ribu hektar.
  9. Situ Patenggang. Situ ini sangat terkenal di Bandung. Letaknya di kaki Gunung Patuha, di  ketinggian 1600 meter dpl. Dengan luas area 150 hektar dengan suhu rata-rata 17-23oC menjadikan Situ Patenggang sebagai tempat rekreasi yang romantic. Di tengah situ terdapat pulau yang menyimpan kisah cinta legenda dan terdapat batu yang dinamakan batu cinta. Dari Kota Bandung, Situ Patenggang berada 50 km di sebelah selatan. Nama Patenggang berasal dari legenda tersebut yang menceritakan sepasang kekasih yang saling mencari dan akhirnya bertemu di tempat tersebut. Patenggang diambil dari bahasa Sunda Pateang-teangan yang artinya asling mencari. Di kanan jiri jalan menuju Situ Patengan, anda bisa melihat hamparan hutan, perkebunan the, dan kebun strawberry.
  10. Telaga Warna. Terletak di kawasan wisata Puncak, Bogor.
  11. Danau Lido. Terletak di desa Wates Jaya, Kecamatan Cijeruk, kabupaten Bogor. Lokasinya unik, diapit oleh dua gunung yaitu Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango. Anda bisa bermain sepeda air, speedboat, ataupun rakit dengan motif naga. Di tengah danau terdapat pulau, biasanya yang ke pulau itu pada cari makanan. Fasilitas lain di danau ini adalah area outbond yang dilengkapi dengan Flying Fox. Ada juga olahraga udara yang dikelola Lido Aero Club berupa terjun payung, aeromodelling, paramotor, paralayang, dan swayasa. Di dekat danau, ada penginapan Lido Lakes Hotel dan landasan untuk pesawat kecil.

bersambung…

Pencarian Favorit:

  • danau yang ada di jawa barat
  • apa saja guning yg ada di jawa barat
  • asal usul situ lengkong
  • Daftar waduk dijawa barat
  • danau di kabupaten bandung
  • danau yang terletak di pulau jawa apa saja ?
  • wisata danau di jawa tengah

Related Posts

Mungkin Anda suka ini..close