12 Tempat Wisata Yang Sedang Hits di Banyuwangi

Wisata Banyuwangi belakangan menjadi ramai diburu wisatawan. Banyuwangi sendiri merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus sebagai gerbang menyeberang ke pulau Bali. Kontur wilayahnya sangat beragam dari daratan rendah hingga pegunungan.

Banyuwangi termasuk kota di bagian selatan Jawa Timur sehingga berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Berbeda dengan umumnya pantai di pesisir utara pulau Jawa, pantai di Banyuwangi tergolong relatif bersih dan banyak terdapat pantai wisata di Banyuwangi.

Banyak wisata Banyuwangi berupa keindahan alam seperti pantai, cagar alam, dan gunung. Berikut adalah daftar tempat wisata Banyuwangi yang ramai diburu wisatawan:

1. Cagar Alam Baluran.

Lebih dikenal dengan sebutan Taman Nasional Baluran. Letaknya sekitar 35km di utara Banyuwangi. TN Baluran didedikasikan sebagai salah satu konservasi flora dan fauna.

Cagar Alam Baluran memiliki padang rumput (savana) yang luas dan dihuni komunitas hewan liar seperti Banteng, rusa dan lain lain.

Pihak pengelola telah menyiapkan menara pengawas sehingga pelancong dapat menyaksikan keindahan ekosistem padang rumput lengkap dengan binatang liar.

Konon dari menara ini kita pun bisa menyaksikan keindahan  matahari terbit (sunrise) dari balik laut pantai Bama. Situs resmi TN Baluran bisa diakses balurannationalpark.web.id

2. Pantai Bama.

Pantai Bama masuk dalam kawasan TN Baluran. Karena masih wilayah taman nasional, kondisi Pantai Bama Banyuwangi masih alami dan sangat eksotis.

Sebagai penunjang ekosistem pantai, kita bisa menemui hutan bakau yang rimbun di beberapa bagian pantai Bama.

Pantai Bama enak untuk wisatga keluarga karena pantainya bersih, airnya jernih dan dangkal.  Salah satu keunggulan pantai Bama adalah terumbu karang di dasar laut.

Anda bisa menikmati penyelaman (snorkling)dan melihat dari deka terumbu karang tersebut. Di Pantai Bama banyak terdapat monyet liar seperti di air terjun Tawangmangu.

Siapkan stamina ketika hendak berjalan kaki menuju pantai Bama karena akses menuju pantai Bama dari pintu gerbang TN Baluran relatif jauh dan terjal.

Di sela-sela perjalanan menuju pantai Bama, kita disuguhi pemandangan menarik hutan tropis belantara dan burung liar beterbangan.

3. Pantai Watu Dodol

Nama watu dodol disematkan karena banyak batu berserakan di pantai menyerupai dodol. Pantai watu dodol berlokasi di ssisi utara Banyuwangi tepatnya berbatasan dengan  Situbondo.

Posisi pantai Watu Dodol tepat di sebelah jalan raya propinsi mirip dengan pantai-pantai di Indramayu yang terlihat dari jalan Pantura.

Tak heran jika pengunjung bisa menikmati keindahan pantai Watu Dodol sejenak ketika sedang istirahat perjalanan. Pantai Watu Dodol memiliki dua landmark, yaitu batu raksasa dan patung penari Gandrung.

Batu raksasa terletak tepat di tengah jalan raya pembatas jalan berlawanan. Landmark kedua yang relatif baru adalah Patung penari gandrung tepat di bibir pantai.

Pantai Watu Dodol tergolong bersih dan cantik. Air pantai Watu Dodol biru jernih dengan pasir yang di hiasi bebatuan menyerupai dodol  (batu dodol) di salah satu bibir pantai.

Satu lagi yang unik di Watu Dodol, terdapat mata air tawar yang mengalir ke pantai tentu rasanya tawar dan bisa di minum.

4. Agrowisata Kalibendo.

Wisata perkebunan Kalibendo terletak di bagian barat Banyuwangi, sekitar 20km dari pusat kotanya. Sangat tepat jika sekalin mengunjungi kawah Ijen karena sejalur.

Wisata Kalibendo ini berlokasi di dataran tinggi sehingga udaranya sejuk dan masih alami sebagaimana Songgoriti di Malang.

Pemandangan khas nya adalah cengkeh, karet, dan kopi. Agrowisata Kalibendo memiliki sungai jernih nan asri yang menjadi tempat favorit pengunjung untuk melepas kepenatan hiruk pikuk kota.

Jangan kaget, selain sungai juga terdapat air terjun. Masih di area Agrowisata Kalibendo, sebelum turun menuju sungai terdapat Lapangan sepak bola milik warga masyarakat Kalibendo.

5. Pemandian Tamansuruh.

Taman Suruh adalah temapt pemandian yang berlokasi di desa Taman Suruh kecamatan Glagah. Dari pusat kota Banyuwangi jaraknya sekitar 10km ke arah barat. Tak perlu bingung, jika sudah masuk wilayah Glagah bisa dipastikan semua orang bisa membantu anda menemukannya.

Kelebihan Pemandian Taman Suruh adalah airnya yang langsung dari mata air alami, seperti Ekowisata Etasia di Boyolali.

Airnya tidak terlalu dingin namun cukup membuat siapapun betah berlama lama berenang di kolam ini. Pemandian Tamansuruh sangat menyenangkan dengan udara pegunungan yg alami dan asri khas pedesaan.

Pengelola Tamasn Suruh telah menyediakan blog untuk berkomunikasi yaitu tamansuruh.blogspot.com

6. Air terjun Lider.

Grojogan Lider terletak di desa Sumber Arum, kecamatan Songgon. Lider adalah air terjun terbaik dan tertinggi di Banyuwangi.

Medan menuju tempat ini tergolong relatif sulit sebagaimana Tawangmangu. Pengunjung harus terlebih dahulu menerobos jalan tanah tak beraspal hutan serta perkebunan.

Belum ada lokasi parkir yang dibuat pengelola praktis pengunjung harus memarkikr kendaraan di rumah warga. Setelah itu kita berjalan kaki menuju lokasi air terjun Lider.

Sesampainya di bibir jurang, kita masih harus menempuh medan yang sulit dan tebing curam plus terjal yang akan menemani perjalanan anda.

DI beberapa lokasi sebelum Air terjun utama Lider, kita dihibur dengan melintasi beberapa anak sungai dan air terjun kecil. Di sisi air terjun Lider juga terdapat air terjun kecil yang menkajubkan.

7. Pantai Pulau Merah (Red Island).

Pantai Pulau Merah Red Island terletak di pesisir selatan Banyuwangi. Pantai Red Island ombaknya pas untuk berselancar/surfing.

Tak jauh dari bibir pantai anda akan menemui sebuah pulau kecil dengan tanahnya berwarna kemerahan. Begitulah disebut dengan Pulau Merah.

Pantai Pulau Merah tergolong bersih dengan pasir putih yang mempesona. Saat senja tiba, anda pun masih bisa menyaksikan sunset.

8. Pantai Rajeg Wesi.

Pantai ini letaknya di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran. Jaraknya lumayan jauh dari kota Banyuwangi. untuk menuju pantai ini kita harus melewati daerah perkebunan.

Penduduk di sini pun ramah ramah dan akan menyambut para pengunjung dengan sapaan yang hangat.

Pantai nya yang Bersih dengan pasir putih yang indah membentang yang di batasi bukit bukit hijau yang indah.

Siapapun yang pergi ketempat ini tidak akan merasa bosan. karena pantai ini juga dekat dengan pegunungan, tentu udara disini  tak panas seperti pantai pantai pada umumnya.

Ombaknya pun tak terlalu tinggi sehingga pengunjung bisa berenang. Tempat ini juga masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

jangan tunggu lama lama untuk menentukan liburan anda ke tempat ini. keren sekali

9. Pantai Sukamade.

Pantai Sukamade ini termasuk di kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Semua kawasan pantai yang berada di TN Meru betiri berada di pesisir selatan.

Praktis, seperti pantai lain di pesisir selatan provinsi Yogyakarta lautnya masih bersih dan alami karena belum banyak di jamah orang.

Pantai Sukamade menjadi tempat konservasi Penyu, ada penangkaran penyu. Jika ingin ke penangkaran buaya anda bisa pantai Tanjung Pasir.

Akses ke pantai Sukamade tergolong berat sehingga dibutuhkan jiwa petualang yang besar. Akses jalan masih berbatu dan terkadang harus menyebrangi sungai.

Areal hutan alami masih sangat luas di TN Meru Betiri ,hingga kita masih bisa melihat monyet liar. Kepayahan kaki anda akan terbayar lunas saat tiba di pantai.

Airnya yang hijau dan bening serta pantai yang bersih akan memanjakan mata kita. Bagi yang suka foto-foto, persiapkan kamera untuk merekam berbagai pemandangan menarik.

Mengingat jalannya yang relatif terjal, ada baiknya menggunakan sepeda motor sport.

10. Teluk Hijau (Green Bay).

Green Bay terletak di kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Dan masih berada di kawasan TN. Meru Betiri. Untuk menuju tempat Teluk Hijau alias gren bay, kita melewati jalur yang sama seperti menuju Rajeg Wesi ataupun Pantai Sukamade.

Beruntung Teluk hijau adanya sebelum kedua pantai tersebut. Pemandangan indah dan menakjubkan jiika di lihat dari atas bukit. tebing tebing tinggi yang hijau serta hempasan ombak dari laut yang bersih.

Tapi kamu belum sampai tujuan pantainya alias tujuan utamanya. Kebanyakan di Taman Nasional Meru Betiri ini adalah tujuan utamanya Sukamade dan Rajeg Wesi.

sehingga kadang pengunjung hanya berhenti sejenak dan melihan teluk hijau dari kejauhan sembari istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Jika ingin menyusuri sedikit hutan dan bukit pasti sampe Pantainya karena pantai utamanya berada di balik bukit, misterius.

Beberapa pengunjug mengakui bahwa panorama alam di Green Bay jauh lebih indah daripada Pantai Sukamade atau Pantai Rajeg Wesi.

pasir yang putih,air yang bening, serta di tengahnya tak jauh dari pantai ada bukit atau pulau kecil. Di salah satu sisinya juga ada batu,entah batu apa itu berwarna kuning kecoklatan.

Satu lagi kelebihannya. sekitar 20 meter dari pantai ada Air terjunnya seperti di Pantai Klayar Pacitan.

11. Pantai Plengkung (G- Land).

Bagi pecinta selancar atau surfing, Plengkung menjadi salah satu Surganya para peselancar dunia. Beberapa peselancar beranggapan tak ada ombak terbaik selain di Plengkung G-Land ini.

Turis luar negeri pun tak kalah banyak yang tertarik mencoba tantangan Plengkung, apalagi orang lokal. Tempat yang punya ombak sempurna ini masih di kawasan banyuwangi selatan tepatnya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

Praktis perjalanan menuju Plengkung G-Land harus melewati  Alas Purwo terlebih dahulu. Karena di kelilingi hutan lebat maka tak heran banyak orang menyebutnya ”Surga kesunyian”.

Kita disuguhi dereta hutan jati. Sesampai di kawasan Pancur, warna hutan hujan tropis tentulah menyejukkan mata sepanjang perjalanan.

12. Kawah Ijen (Ijen Crater).

Kawah Ijen letaknya di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Situbondo. Tempat ini bisa ditempuh 1-2 jam dari Kota Banyuwangi, kemudian dilanjutkan mendaki ke puncak antara 1-2 jam (untuk pemula dan jalan santai).

Tidak usah khawatir, rute pendakian dan jalanannya tidak susah karena petugas setempat sudah membuat sedemikian rupa agar pengunjung mudah untuk mencapai puncak.

Dan sungguh luar biasa ketika pengunjung sudah dapat mencapai puncaknya karena rasa lelah selama pendakian akan terbayar dengan nuansa indah alami di puncak.

Pengunjung akan mendapat bonus tersendiri ketika berkunjung ke kawah ijen di dini hari (karena diizinkannya adalah sekitar pukul 01.00 WIB) di sana, ketika melihat lebih dekat ke kawahnya, ada yang menakjubkan yaitu adanya “Blue Fire”  yang mana hanya ada dua di dunia dan salah satunya itulah yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.

Dan setiap tahunnya pemerintah setempat mengadakan acara internasional sebagai salah satu ajang promosi Banyuwangi yaitu ”Tour de Ijen”. Kawah Ijen menjadi tempat favorit wisatawan asing di Banyuwangi. Dibutuhkan jiwa petualang untuk menuju tempat ini selain tentunya tenaga extra.

Walaupun sebenarnya kawasan ini berada di kabupaten Bondowoso,tapi  jalur akses nya lebih mudah dan cepat dari banyuwangi.

Sepertinya hanya kawasan kawahnya saja yang termasuk bondowoso. Sedangkan pos bawah masuk dilayah Banyuwangi. Akses  jalan menuju Kawah Ijen benar-benar parah dan meanntang.

Bagi yang ingin menggunakan mobil, di sarankan pakai mobil 4WD.

Itulah beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang ternyata menyimpan sangat banyak tujuan wisata menarik berupa alam karunia Tuhan Sang Maha Pencipta.

Baca Juga: Pesona Wisata Coban Baung | Obyek Wisata Indonesia

Leave a Comment