Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Belanja di Pasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin KALSEL

Belum pernah mendengar pasar terapung muara kuin ? atau anda pernah mendengar akan tetapi belum pernah mengunjungi ? Rugi sekali bila anda tidak menjejaki kaki di pasar tradisional ini.

Pasar Terapung muara Kuin merupakan pasar tradisional yang ada di Pulau Kalimantan. Oleh masyarakat pasar ini lebih dikenal dengan Pasar Terapung Sungai Barito, lokasi pasar ini ada di Muara Sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Seperti namanya pasar terapung yang berarti pedagang dan pembeli menggunakan jukung dalam melakukakn transaksi jual beli. Diatas sungai Kuin para pedagang menjal daganganya, pasar ini memulai aktivitasnya sesudah sholat subuh sampai selepas tujuh pagi.

Pasar ini merupakan pasar yang satu – satunya berada di Kalimantan Selatan dan merupakan pasar yang masih bertahan dengan kebudayaan.

Seiring dengan berjalannya banyak pasar tradisional yang telah mengalami pemugaran akibat pembangunan yang lebih menonjolkan dengan darat.

Pasar ini masih ada sistem barter yaitu sistem bertukar barang, akan tetapi dipasar ini lebih dikenal dengan Bapanduk.

Untuk mengunjungi pasar ini, anda harus rela bangun – bangun pagi buta karena bila anda pergi ke pasar pada waktu siang hari. Pasar akan sepi karena para penjual dan pembeli sudah pulang.

Kemungkinan beberapa tahun ke depan pasar tradisional ini akan ditiadakan karena ada pemugaran dan pengembangan tempat.

Sangat disayangkan sekali, karena dengan adanya pasar ini banyak wisatawan pergi mengunjungi pasar terapung ini.

Banyak wisatawan baik dari domestik maupun luar negeri pergi dan rela bangun pagi – pagi buta hanya karena ingin melihat suasana pasar ini.

Untuk pergi ke pasar ini, anda dapat menyewa perahu. Lebih dikenal dengan kelotok, biaya yang dikeluarkan adalah Rp 175.000,00 – Rp 200.000,00.

Semakin jauh lokasi yang akan ditempuh maka akan semakin mahal biaya yang dikeluarkan. Waktu yang ditempuh cukup 10 menit saja untuk perjalanan.

Sebaiknya anda pergi ke pasar pada pukul 04.00 karena pada jam itu para pedagang mulai berdatangan ke Pasar Terapung. Nah cukup seru bukan. Selamat berlibur ?

Baca Juga: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Leave a Comment