Berwisata Ke Candi Sawentar di Blitar Jawa Timur

Candi sawentar adalah salah salah satu candi yang berada di kota blitar. Candi ini berada di desa dukuh kaningoro kecamatan garum kabupaten blitar.

Candi sawentar sekarang telah menjadi tempat untuk berwisata. Jika anda ingin berkunjung ke candi sawentar anda bisa berkendara sepeda motor, mobil atau angkutan umum, di setiap jalan pasti ada penunjuk arah untuk menuju lokasi.

Setelah anda sampai, anda akan langsung melihat keindahan bangunan candi, rasa kagum dan takjub pasti anda rasakan. Candi ini terawat dengan baik, jadi di sekitar candi kondisinya bersih dan nyaman.

Sehinga para pengunjung merasa nyaman, praa pengunjung biasanya langsung mengabadikan keindahan candi sawentar dengan memotret candi terlebih dahulu, kemudian anda bisa berfoto bergantian dengan teman anda, atau foto bersama keluarga juga bisa.

Wajib Baca: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Berwisata Ke Candi Sawentar akan membuat anda senang dan terkesan. Letak candi sawentar lebih rendah dari permukaan tanah di sekitarnya, candi ini luasnya 9,53 x 6,86 meter, tubuh candi berdiri ke atas dengan luas 7 x 7 m2 dengan ketinggian 1,5 meter.

Candi ini memang terlihat lebih kecil, tetapi meskipun kecil bentuknya sangat indah dan membuat orang yang datang kagum.

Pintu candi sawentar berada di sisi sebelah barat yang diapit oleh relung kecil di sebelah kiri dan kanan, dan di atas ambang pintu tidak terdapat hiasan arca.

Di candi ini juga terdapat anak tangga, untuk bisa meuju ke atas candi, anda harus melewati anak tangga yang lebarnya hanya 0,5 meter. Jadi jika anda naik harus bergantian.

Candi sawentar dibangun sebagai tempat pemujaan dan semedi. Jadi pada zaman dahulu warga banyak yang semedi di candi sawentar.

Di sekitar candi sawentar juga ada taman, konsisi tamannya lumayan indah, karena taman ini dirawat dan dijaga, tanaman yang tumbuh akan subur, rumput-rumput di taman juga terawat, jadi sangat indah jika dipandang.

Disekitar candi juga terdapat perdesaan, nuansa perdesaan di sekitar candi menawarkan kesejukan dan kenyamanan. Jadi anda juga bisa mampir ke desa untuk melihat keindahan dan kesejukan udara di desa.

Berwisata Ke Candi Sawentar juga bisa menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi Anda, jika anda ingin berkunjung, ajaklah keluarga dan teman anda, agar mereka juga mengetahui keindahan candi sawentar. Terimakasih..

Baca Juga: Candi Borobudur, Candi Budha Raksasa di Magelang

Leave a Comment