Bus Tingkat Wisata di Solo

Tempat wisata di Solo/Surakarta semakin lengkap dengan hadirnya sarana wisata khusus berupa bus tingkat khusus wisata.

Di Solo dulu pernah ada angkutan umumberupa bus tingkat yang dioperasikan oleh DAMRI. Namun akhirnya bus tingkat volvoitu harus pensiun juga mengingat usianya yang telah udzur.

Di tahun 2011, Joko Widodo sebagai walikota yang menjabat gencar mempromosikan wisata Solo salah satunya dengan mengoperasikan bus tingkat wisata bernama Werkudara (baca:werkudoro).

Bus tingkat ini dioperasikan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta.

Bus tingkat wisata ini diresmikan pada 20 Februari 2011. Bus tingkat wisata khas kota Solo ini dibuat oelh karoseri Trisakti Magelang.

Desain bus tersebut berwarna merah dan dilengkapi tempat duduk yang nyaman. Ketinggiannya mencapai 4,5 meter dengan lebar layaknya bus pada umumnya, yakni sekitar 2,5 meter. 

Bus tingkat wisata ini dirancang untuk mengantarkan wisatawan ketempat-tempat wisata favorit di Kota Solo seperti Keraton Surakarta, Kampung Batik Kauman dan Laweyan, Mangkunegaran, Museum Radya Pustakan dan sejumlah tempat lainnya.

Bus tingkat wisata ini juga disewakan sehingga dapat mengantar wisatawan sesuai keinginannya.

Wajib Baca: Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu di Solo / Surakarta

Sejarah Pembuatan Bus Tingkat Wisata Werkudara

Membangun Kota Solo Kedepan adalah membangun Kota Solo masa lampau, setelah direncanakan melalui grand design tahun 2009 maka dengan dana APBD tahun 2010 Bus Tingkat Wisata di implementasikan. 

Karena baru pertama kali di Indonesia,  Dinas Perhubungan Kota Surakarta mempunyai tantangan baru untuk mencari karoseriyang bersedia membuatnya.

Pernah terpikirkan untuk membeli dari luar negeri seperti di Singapura namun karena hanya diperluakan satu unit saja akhirnya dipilih karoseri lokal.

Jika memilih impor maka yang menjadikan mahal adalah biaya pajak, pengiriman, asuransi, plus jika ada kerusakan dan memerlukan penggantian suku cadang .

Setelah perencanaan yang alot akhirnya terjalin perencanaan desian bus dan pembicaraan dengan para karoseri khususnya di JawaTengah dan Jawa Timur.

Pembahasan yang memakan waktu lama maka salah satu karoseri bersedia untuk membangun bus tingkat wisata pesanan Solo melalui proses lelang.

Adapun pembiayaan menggunakan kebijakan keuangan yang direalisasikan dengan pembayaran multi years tahun 2010 dan 2011.

Trisakti terpilih menjadi karoseri yang membuat bus tingkat Werkudara selama empat bulan dari September 2010 hingga januari 2011.

Kapasitas Bus Tingkat Werkudara

Bus tingkat tempo dulu merupakan buatan Volvo yang kini telah pensiun. Bus tingkat Werkudara ini merupakan keluaran pabrikan Mercedes Benz dengan desain tempat duduk yang lebih nyaman dan terkesan mewah.

Bus Werkudara ini harganya tak kurang dari 1,8 miliar rupiah. Dengan bentuknya yang mirip dua buah bus ditumpuk, praktis tempat duduknya bisa menampung tak kurang dari 100 penumpang.

Untuk keperluan wisata, bus tingkat Werkudara memiliki desain khusus pada dek lantai dua. Atapnya bisa dibuka dan ditutup sesuai keperluan.

Saat cuaca cerah, penumpang di dek atas bisa langsung melihat langit atau meraih daun pepohonan yang dilewati

Rute Bus Tingkat Werkudara

Bus tingkat wisata Werkudara didesain untuk mengelilingi Kota Solo. Adapun rute yang dilalui adalah Kantor Dishub di kawasan Manahan-Hotel Sunan-Gendengan-Gladak-Balaikota-Pasar Gede-Panggung-UNS-Kebun Binatang Jurug-Gladak-Pusat Grosir Solo-Kampung Arab (Pasar Kliwon)-Gading-Gemblegan-Tipes di mall Lotte Mart-Bunderan baron-Kampung Batik Laweyan-Kantor Dishub di Manahan.

Pembelian Tiket

Calon Penumpang dapat membeli tiket di tempat yang sudah disediakan secara eceran seharga Rp20.000,- untuk berkeliling kota Solo pulang pergi pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur.

Untuk harga sewa (carter) dengan biaya Rp. 800.000,- per 3 jam dengan biaya overtime Rp. 250.000,- per jam.

Penyewa juga dapat meminta bus berhenti di tempat-tempat tertentu selama lokasinya memungkinkan.

Pemesanan dilakukan di kator Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Surakarta di Jalan Menteri Supeno No. 7 Manahan pada hari dan jam kerja.

Untuk pemesanan bisa menghubungi nomor kontak 085642005156 atau 085229790462. Pemesanan dilakukan minimal satu hari sebelum hari pemberangkatan dan wajib menyerahkan tanda jadi minimal 25 persen dari harga sewa.

Baca Juga: Kebun Binatang Taman Jurug di Solo Jawa Tengah

Leave a Comment