Kenapa Warna Danau Kelimutu Berbeda-beda?

Mungkin sebagian dari anda meyakini bahwa salah satu daya tarik untuk berkunjung ke Flores adalah adanya Danau Kelimutu dengan keindahan tiga warnanya.

Namun adakah yang bisa memberikan jawaban yang lugas mengenai bagaimana dan mengapa terjadi keragaman warna air di danau ini?

Danau Kelimutu merupakan sebuah danau yang berada di puncak Gunung Kelimutu di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Nama ‘Kelimutu’ merupakan gabungan dari kata ‘keli’ yang berarti gunung dan kata ‘mutu’ yang berarti mendidih. Danau ini memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dan volume air sebesar 1.292 juta meter kubik.

Sebenarnya Kelimutu terdiri dari 3 danau yang terpisah antara sisi kanan dan kiri. Pada sisi kiri dikenal dengan sebutan Tiwu Ata Mbupu. Pada sisi kanan disebut dengan Tiwu Nuwa Muri Ko’o Fai dan Tiwu Ata Polo.

Alasan keragaman warna Danau Kelimutu

Uniknya, Danau Kelimutu memiliki warna yang dapat berubah-ubah, sesuai dengan cuaca, kandungan mineral, pengaruh lumut dan batu-batuan yang ada di kawah.

Warnanya beragam dan berubah-ubah menjadi Merah, Hijau, Hijau Lumut, Coklat, Kehitaman, dan Putih.

Untuk danau kelimutu yang berwarna merah sudah berganti menjadi warna coklat maroon dan kadang juga menjadi hitam.

Sedangkan danau yang berwarna biru tidak mengalami perubahan. Selain karena alasan ilmiah di atas, penduduk setempat menyebutkan bahwa perubahan warna dari danau Kelimutu disebabkan karena adanya makhluk-makhluk gaib yang tinggal di daerah sekitar danau tersebut.

Apapun alasan dari perubahan dan keragamawan warna, Danau Kelimutu menyuguhkan keindahan panorama yang wajib anda nikmati sebagai salah satu tujuan wisata pilihan di Flores.

Baca Juga: Objek Wisata Danau Toba di Propinsi Sumatera Utara Indonesia

Leave a Comment