Mengungkap Keistimewaan Danau Singkarak

Danau Singkarak Begitu indah, dan begitu menawan. Itulah hal yang pertama kali anda akan rasakan jika berkunjung ke danau Singkarak.

Mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan air kebiruan nan jernih, butiran-butiran pasir yang membentang disepanjang bibir danau serta menikmati spesies ikan yang bersemayam di danau ini merupakan suguhan yang menawan yang ditawarkan danau Singkarak kepada anda.

Wajib Baca: Danau Sentani menjadi primadona wisata baru di Papua

Danau Singkarak ini berlokasi dipinggir jalan antara kabupaten Datar dan Solok, Sumatera Barat. Luasnya sendiri mencapai 107,8 KM2 dan memiliki kedalaman 268 Meter serta berada pada ketinggian 363,5 meter diatas permukaan laut.

Singkarak memiliki daerah aliran air sepanjang 1.076 KM dan memiliki curah hujan yang cukup tinggi yaitu 82 hingga 252 milimeter per bulan.

Untuk mengunjungi danau indah ini anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi anda.

Untuk menikmati wisata danau ini anda bisa menyewa sampan untuk mengililingi dan menikmati danau.

Selain itu bagi anda yang hobi memancing, anda bisa menyalurkan hobi anda dari atas sampan atau dipinggir danau, karena memang danau ini terkenal dengan wisata memancingnya.

Sedangkan untuk jenis ikannya sendiri yang akan paling banyak anda temukan adalah ikan billih atau biko. Ikan billih ini juga terkenal sebagai ikan khas danau Singkarak, karena ikan ini tidak dapat hidup selain di danau ini.

Di danau ini anda juga dapat berolah raga dayung, karena memang pemerintah setempat menjadikan olahraga dayung sebagai salah satu program untuk menarik wisatawan baik asing maupun lokal.

Alangkah lebih baiknya jika anda berkunjung ke danau singkarak, sempatkan untuk bermalam paling tidak semalam,agar anda bisa menikmati dinginnya malam disekitar danau, dan sejuknya udara pagi khas danau Singkarak.

Setelah anda puas menikmati indahnya Adik dari danau Toba ini,pastikan juga anda telah mencicipi kuliner khas danau singkarak, karena banyak restoran ditepi danau yang menjual aneka kuliner khas danau singkarak utamanya olahan ikan billih.

Selain itu membeli cinderamata khas danau Singkarak juga jangan sampai ketinggalan. Banyak masyarakat sekitar yang menjual aneka pernak-pernik bertemakan danau Singkarak dan kerajinan lainnya dari Minangkabau.

Berbicara mengenai danau Singkarak ini memang tidak ada habisnya, karena memang alamnya yang patut untuk kita singgahi. Semoga bermanfaat apa yang sudah dishare dihalaman berikut.

Wajib Baca: Objek Wisata Danau Toba di Propinsi Sumatera Utara Indonesia

Misteri Orang Hilang di Danau Singkarak

Sejak tahun 1970an seringkali terdengar kejadian-kejadian yang misterius di Danau Singkarak.

Misalnya tepat pada hari raya idul Fitri tahun 1970, sebuah kapal wisata yang mengangkut 12 wisatawan mendadak terbalik. Sekalipun sudah dilakukan pencarian, tidak ditemukan satu pun dari korban tersebut.

Kejadian yang sama beberapa tahun yang lalu, juga tredapat kapal yang terbalik dan semua dari korbannya tidak ditemukan meskipun tim SAR sudah mencari di seluruh penjuru danau.

Kesamaan dari kedua peristiwa ini adalah korbannya sama-sama bukan dari daerah setempat.

Penduduk asli Singkarak mengatakan bahwa kejadian menghilangnya orang yang mengalami kecelakaan di danau merupakan campur tangan dari makhluk halus yang tinggal di danau tersebut.

Mereka berasumsi bahwa makhluk tidak berkenan jika tidak diberikan tumbal ketika terdapat perayaan di  daerah tersebut.

Meskipun belum ditangguhkan kebenaran dari makhluk gaib yang berada di Danau Singkarak, namun anda harus terus waspada apabila melakukan wisata di tempat ini.

Usahakan untuk melakukan kontak dengan penduduk setempat sebelum anda berniat menyeberangi danau.

Baca Juga: Kenapa Warna Danau Kelimutu Berbeda-beda?

Leave a Comment