Menghidupkan Kembali Dunia Seni Rupa Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan, di mana salah satu unsurnya adalah kesenian. Seni rupa adalah salah satu bidang kesenian yang memiliki sejarah panjang di Indonesia, sejak masa primitif hingga kontemporer saat ini.

Wajib Baca: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Wisata Seni Rupa di Indonesia

Pada masa primitif telah banyak ditemukan bukti-bukti artefak  sebagai benda seni rupa. Demikian pula seni rupa tradisional yang hingga kini masih tetap terjaga sehingga menjadi kekayaan kebudayaan Indonesia yang menarik.

Pada era modern ditandainya dengan beragam gaya dalam berkesenian rupa. Seni rupa tetap hidup dan terus bergerak mengikuti irama jaman.

Pergerakan sejarah seni rupa yang terus terhubung dari abad-abad lalu hingga kini terlihat pada terselenggaranga  Festival Seni Rupa Indonesia di Museum Seni Rupa dan Keramik-Jakarta pada 17 Juni 2012.

Festival Seni Rupa Indonesia 2012  mengambil tema “Kembali ke Alam” diikuti sebanyak 100 seniman lukis seluruh Indonesia dan 20 seniman lukis diantaranya berasal dari Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom) Bandung.

100 Seniman Lukis dari seluruh Indonesia berfoto bersama di depan Museum Seni Rupa dan Keramik mengikuti Festival Seni Rupa Indonesia 2012.

Konsep dalam Festival ini adalah membebaskan seluruh seniman untuk berekspresi bukan berkompetisi.

Seniman bebas melukis apa saja sesuai dengan kata hatinya, dengan media kanvas, kuas dan cat berbagai warna.

Gedung-gedung yang sudah tampak seperti bangunan tua menjadi inspirasi ide untuk berkarya pada sebagian seniman yang ikut aksi.

Para seniman muda yang sekaligus masih mahasiswa dari STISI Telkom memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

Mereka melukis dengan beragam gaya, yakni abstrak, ekspresionis, simbolis, kubistis, dan lain-lain.

Salah satu seniman muda yang dengan penuh penjiwaan melukis dengan media kanvas dalam Festival Seni Rupa Indonesia 2012

Penggambaran dengan motif bunga terlihat pada salah satu peserta. Gaya ekspresionis tampak jelas dengan kesan spontanitas.

Percampuran warna-warna yang dihadirkan memberi kesan obyek bunga yang menarik.

Wajib baca: 10 Obyek Wisata Indonesia Paling Diminati Sepanjang 2022

Inspirasi obyek bunga tersebut mungkin dari melihat tanaman-tanaman bunga yang berada di sekitar museum, atau bisa jadi datangnya dari perasaan perempuan yang identik dengan bunga yang elok.

Sesuai dengan rencana panitia penyelenggara bahwa seluruh karya-karya lukis dalam Festival seni Rupa Indonesia 2012 ini dipamerkan pada tanggal selama bulan Juli 2012 di Museum Seni Rupa dan Keramik untuk menyambut Hari Jadi Jakarta.

Masyarakat pecinta seni rupa di seluruh Indonesia tentunya sangat apresiatif sekali dalam menanggapi acara seperti ini.

Dengan rasa apresiasi yang sangat tinggi terhadap kesenian maka masyarakat akan semakin bagus dalam memahami arti tingginya nilai-nilai kebudayaan Indonesia yang melimpah ini.

Oleh karena itu sekali lagi marilah kita tumbuhkan rasa apresiasi kita terhadap seni rupa di Indonesia. Dengan demikian kita menghidupkan alam seni rupa Indoesia.

Salam sukses untuk kita semua.

Oleh : Didit Endriawan,S.Sn., M.Sn (Dosen STISI Telkom)

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Janjang 40 di Bukittinggi Sumatera Barat

Leave a Comment