Eksotika Objek Wisata Buatan Waduk Sermo di Kulon Progo

Danau bisa terjadi karena 2 hal, yaitu dikarenakan proses alam dan karena pembuatan waduk atau bendungan, Salah satu danau yang terbentuk karena proses pembuatan waduk adalah danau di Waduk Sermo.

Waduk Sermo merupakan satu waduk yang terdapat di Popinsi Daerah Istemewa Yogyakarta dengan luas mencapai luas 157 hektar.

Selain arsitektur waduk yang megah, waduk ini juga diperindah oleh pemandangan perbukitan yang menawan.

Sejak peresmiannya pada tanggal 20 November 1996 waduk ini telah menjadi tempat wisata bagi penduduk di sekitar tempat tersebut dan beberapa dari luar kota.

Pengunjung dapat menikmati pesona di Waduk Sermo dengan menggunakan perahu yang disewakan atau berjalan di jalan yang melingkar sepanjang 21 km.

Wajib Baca: Surga Alam Ranu Kumbolo | Obyek Wisata Indonesia

Info Menarik Eksotika Waduk Sermo

Lokasi Waduk Sermo.

Waduk Sermo berdiri di sebuah Desa Hargowilis. Tepatnya ada di Dusun Sermo. Di Kecamatan Kokap yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

Akses menuju lokasi Waduk Sermo

Jalan menuju Waduk Sermo memiliki kontur yang naik turun dan berkelok – kelok. Namun dengan kondisi jalan yang telah beraspal anda dapat menempuh perjalanan sekitar 15 hingga 20 menit.

Dengan catatan anda berangkat dari kota Wates. Jika anda menggunakan angkutan umum, anda haru turun di pintu gerbang waduk, sebab angkutan umum tidak dapat masuk ke kawasan waduk.

Wajib Baca: Objek Wisata Danau Toba di Propinsi Sumatera Utara Indonesia

Harga tiket masuk waduk sermo

Selain harga tiket sebanyak Rp 2.000 per orang, bila anda menggunakan motor anda juga akan dikenakan biaya Rp 1.000 dan untuk mobil akan dikenakan Rp 3.000.

Wajib Baca: Mengungkap Keistimewaan Danau Singkarak

Fasilitas dan kondisi Waduk Sermo

Anda akan disuguhi pemandangan yang sanga indah dan eksotis ketika anda berkunjung ke Waduk Sermo. Anda juga akan mendapatkan udara yang sejuk dengan semilir angin yang menemani.

Di sana juga terdapat gardu yang dapat anda gunakan sebagai tempat untuk memandang pemandangan seluruh waduk Sermo.

Karena banyaknya pengunjung, di sana juga banyak tersedia kuliner khas Kulon Progo yang dapat anda nikmati.

Demikian sedikit informasi tentang objek wisata Waduk Sermo di Kulon Progo yang dapat anda kunjungi. Semoga bermanfaat..

Baca Juga: Kenapa Warna Danau Kelimutu Berbeda-beda?

Leave a Comment