Update Tempat Wisata di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara 2022

Tempat Wisata di Tapanuli Tengah terdiri dari alam yang eksotis dan wisata sejarah yang terkenal sehingga dijuluki “Negeri Wisata Sejuta Pesona”

Bagi wisatawan dari luar Sumatra khususnya, satu-satunya akses menuju Tapanuli Tengah dengan cepat hanyalah menggunakan pesawat terbang.

Jika anda yang di jabodetabek ingin berlibur ke Tapabuli Tengah, rute penjelajahan dimulai dari Pinagsori, sebuah kecamatan seluas sekitar 78 km persegi.

Dengan satu-satunya bandara yang ada adalah Bandara Dr. Ferdinand Lumban Tobing (FLZ).

Salah satu tempat wisata di Tapanuli Tengah yang paling terkenal adalah Air Terjun Mursala, Danau Pandan dan Air Terjun Aek Nabobar yang masih berlokasi di kecamatan Pinangsori.

Wajib Baca: Sejarah dan Arsitektur Peradaban Kota Lama Semarang

Tempat Wisata di Tapanuli Tengah: 30 Pantai, 24 Air Terjun, 25 Pantai

Letak Tapanuli Tengah yang memanjang di salah satu sisi pesisir selatan  Sumatra dan tentunya berhadapan langsung dengan Samudra Hindia dan mendatangkan keberuntungan tersendiri bagi daerah penghasil Durian Tapanuli Tengah terbesar di Sumatra Utara ini.

Potensi alam yang luar biasa banyak tak heran menjadikan Tapanuli Tengah memiliki puluhan obyek wisata situs alam yang eksotis.

Dan, dengen percaya diri Tapanuli Tengah menyebut diri sebagai “Negeri Wisata Sejuta Pesona”.

Tercatat ada 25 pulau kecil yang tersebar di wilayah perairan Tapanuli Tengah. Tapanuli Tengah memiliki sejumlah akuarium raksasa bawah laut yang menakjubkan.

Ini tentunya sangat menantang bagi penggemar snorkeling, tak kalah dengan yang di Raja Ampat. Tak bisa snorkeling bukan berati anda tidak bisa menikmati keindahan bawah laut pantai wisata di Tapanuli Tengah, ada speedboat yang disewakan untuk menyusurinya.

Dua pulau yang direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pulau Mursala dan Pulau Unggas.

 Bagi penggemar film kuno KingKong produksi tahun 1933 mungkin ada yang belum bahwa salah satu lokasi syutingnya adalah di Pulau Mursala.

Ya, film tersebut adalah garapan Merian C. Cooper dan Ernest B.Schoedsack. Selain menawarkan wisata bawah laut pulau Mursala, juga ada wisata Air Terjun Mursala yang unik.

Beda dengan air terjun kebanyakan, Air Terjun Mursala langsung mengarah ke lautan lepas dan alur alirannya tergolong landai.

Masih ada lagi, ada 23 air terjun di Tapanuli Tengah, tak kurang ada 30 pantai yang barangkali masih tersembunyi.

Di antara pantai-pantai itu adalah Pantai Binasi, Pantai Bottot, Patnai Hajoran, Pantai Muara Kolang, Air Terjun Pane, Air Terjun Silaklak, Air Terjun Lubuk Sihopik, dan Air Terjun Batu Lobang adalah beberapa tempat wisata di Tapanuli Tengah yang termasyhur.

Wajib Baca: Kekayaan Alam Bawah Laut Raja Ampat di Provinsi Papua

Wisata Religi Tapanuli Tengah, Sisa Peninggaan Peradaban Islam

Selain wisata alam, Tapanuli Tengah pernah menjadi pusat peradaban Islam di wilayah tersebut dan satu yang masih terkenal hingga kini adalah nama Barus, atau Kapur Barus.

Ada Kecamatan Barus di Tapanuli Tengah yang banyak terdapat pohon sebagai bahan dasar Kapur Barus.

Dan juga bekas pelabuhan besar dan menjadi psuat aktivitas maritim di abad 7 Masehi. Tak heran jika tempat wisata di Tapanuli Tengah ternyata sudah eksis sejak masa lalu.

Peninggalan situs yang berkaitan dengan Islam di Barus salah satunya adalah Makam Papan Tinggi, yaitu sebuah kompeks pemakaman yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir ulama-ulama terdahulu di Tapanuli Tengah.

Makam Papan Tinggi berada di ketinggian bukit dan harus menapaki 744 anak tangga menuju ke sana.

Selapas berziarah ke Makam Papan Tinggi di Tapanuli Tengah, jangan lewatkan tantangan mendaki  Bukit Anugerah.

Bukit Anugerah adalah kawasan perbukitan dan masih menjadi bagian dari Bukit Barisan yang sudah terkenal itu.

Bukit Barisan adalah jajaran gunung yang membentang dari ujung Utara pulau Sumatra hingga ujung Selatan Pulau Sumatra.

Bukit Anugerah berada di ketinggian 1500 meter dari permukaan laut dan menawarkan pemandangan panti biru, pulau-pulau kecil yang dikelilingi terumbu karang, serta kota-kota terdekat yang memamerkan  atap-atap seng rumah penduduknya.

Dan tentunya disertai desiran angin laut yang menghantarkan aroma Samudra Hindia.

Wajib Baca: Museum Purbakala Sangiran di Kaki Gunung Lawu

Tapanuli Tengah dan Legenda Kapur Barus

Berbicara tentang Kecamatan Barus yang berda di Tapanuli Tengah, barangkali ada diantara kita yang belum tahu bahwa istilah dan nama Kapur Barus erat kaitannya dengan nama kecamatan Barus.

Kapur Barus adalah sejenis wewangian yang terbuat dari cairan minyak dari pohon kapur yang mengkristal setelah dipanaskan.

Dan pohon tersebut banyak tumbuh di daerah Barus.

Kejayaan nama Barus sebagai penghasil Kapur Barus dans ebagai pusat perdagangan internasional diperkuat oleh peta kuno yang dibuat oleh Claudius Ptolemaus seorang ahli Geografi zaman Romawi kuno di abad ke-2 Masehi.

Peta tersebut menceritakan bahwa di pesisir barat pulau Sumatra terdapat sebuah bandar niaga bernama Barousai yang menghasilkan wewangian dari Kapur Barus.

Itulah pesona tempat wisata di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara. Airline yang melayani pernerbangan langsung ke Pinangsori, bandara Ferdinand Lumban Tobing adalah Garuda Indonesia.

Jakarta-Pinangsori ditempuh sekitar 1 jam 50 menit atau Medan-Pinangsori kira-kira 50 menit.

Semoga artikel tentang tempat wisata di tapanuli tengah ini bisa membantu anda mengenali dan menjelajahi keindahan katulistiwa.

Baca Juga: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Leave a Comment