Jalan – jalan Ke Museum Wasaka di Kalimantan Timur

Belum pernah jalan – jalan ke Museum Wasaka ? Pulau Kalimantan memang pulau dengan seribu rahasia yang masih belum terkuak.

Pulau dengan segala eksotis dan kebudayaan serta tradisi yang masih sangat kental menyebabkan pulau banyak dikunjungi para wisatawan luar maupun domestik.

Salah satu diantaranya Museum Wasaka. Nama Wasak sendiri merupakan kepanjangan dari Waja Sampai Ka Puting.

Wajib baca: Museum Purbakala Sangiran di Kaki Gunung Lawu

Kepanjangan tersebut merupaka motto dari Masyarakat Kalimantan Selatan. Lokasi museum ini berada di Gang H. Andir, Kampung Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Museum ini diresmikan pada tanggal 10 November 1991 yang bertempat di rumah Banjar Bubungan Tinggi yang kemudian dialih fungsikan menjadi bangunan hunian menjadi museum.

Di sini anda akan disuguhkan dengan koleksi yang merpak peninggalan kebudayaan. Koleksi yang banyak diminati adalah pistol VOC.

Wajib Baca: 10 Tempat Wisata Museum di Jakarta

Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk mengunjungi museum ini. Baik dari luar negeri maupun wisatawan domestik.

Akses ke Museum Wasaka Banjarmasin

Akses untuk menuju lokasi ini cukup menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Bila lokasi ini dekat dengan tempat penginapan anda ada baiknya bila anda berjalan kaki sembari menikmati suasana Kota Banjarmasin.

Wajib Baca: Sejarah dan Arsitektur Peradaban Kota Lama Semarang

Terdapat 400 benda bersejarah termasuk daftar organisasi yang pernah berjuang menentang penjajah seperti Laksar Hasbullah yang dulunya bermarkas di Martapura serta Barisan Pemuda Republik Indonesia Kalimantanyang dulunya bermarkas di Banjarmasin

Bila anda menggunakan angkot biaya yang dikelurkan adalah Rp 4000,00, terkadang agak lama karena angkot menunggu angkot penuh.

Jam buka dimulai pada hari Selasa – Kamis – Minggu pada pukul 08.30 – 13.30. Untuk hari Jumat 08.30 – 10.30. Pada hari libur nasional dan senin tutup.

Oleh pihak pengelola tidak dipungut biaya untuk memasuki museum ini, untuk parkir pun gartis. Enak kan. Selain berwisata anda dapat menambah ilmu pengetahuan. Murah meriah bukan.

Anda dapat mengajak keluarga bahkan teman anda untuk mengunjungi museum ini. Sedikit info untuk Museum Wasaka. Selamat berlibur ?

Baca Juga: Nuansa Sejarah di Kota Semarang Provinsi Jawa Timur

Leave a Comment