objek wisata jam gadang di bukittinggi sumatera barat

Sisi Lain Jam Gadang Bukittinggi – Jam Terbesar di Indonesia

Kemegahan Jam Gadang sebagai Landmark Kota Bukittinggi memang tidak diragukan lagi. Begitupula kisah misteri angka 4 romawi yang sampai saat ini belum terpecahkan.

Namun seiring ramainya perbincangan orang tentang Jam bersejarah ini, membuat menara jam ini semakin terkenal.

Letaknya yang berada di pusat kota memang sangat mudah untuk dikunjungi para wisatawan.

Wajib Baca: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Sisi Menarik Jam Gadang Bukittinggi

Menara Jam Gadang ini mempunyai jam dengan ukurang yang besar di empat sisinya, dari situlah nama Jam ikonik bukittinggi ini lahir,sebutan Gadang yang berarti besar menurut bahasa Minangkabau.

Menara ini dibangun dengan tinggi 26 meter serta berdiameter 80 sentimeter, dan berdiri pada tahun 1926.

itu ornamen penghias menara Jam Gadang yang berbentuk bulat dan diatasnya berdiri patung ayam jantan, namun pada saat Belanda kalah dan digantikan oleh Jepang, bagian atas tersebut diganti menjadi bentuk klenteng, dan setelah Indonesia Merdeka, menara puncaknya dirubah menjadi bentuk rumah adat minangkabau.

Hal ini menambah keunikan Sisi Lain Dari Jam Gadang ini. Bukan hanya itu, angka-angka pada jam tersebut juga tidak biasa dan mempunyai keunikan tersendiri, khususnya angaka empat.

Pada angka Romawi biasanya angka empat ditulis IV namun tidak pada jam ini,pada jam ini tertulis IIII. Para ilmuwan juga belum mampu mengungkap mengapa terlulis angka empat seperti itu.

Satu lagi yang menambah keunikan dari jam gadang ini, ternyata mesin yang terdapat dalam Jam tersebut memiliki kembaran di dunia, yakni berada di kota London, apalagi kalau bukan Menara big Ben yang tersohor itu.

Wajib Baca: Update Tempat Wisata di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara 2022

Para wisatawan juga dimanjakan dengan fasilitas melihat keindahan panorama kota Bukittinggi dari atas menara, sungguh sayang untuk dilewatkan bukan.

Untuk mencapai lokasi kembaran big ben london ini, para wisatawan bisa menggunakan jalur darat dari Kota Padang ke bukittinggi sekitar kurag lebih ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Setiap harinya lokasi wisata jam Gadang ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk meraup keuntungan dari para wisatawan, dengan cara berjualan balon sampai fotografer amatiran juga ada di tempat wisata ini.

Ada juga masyarakat sekitar yang mencari muatan oto, guna diantarkan kelokasi ainnya di Bukittinggi.

Sebenarnya masih banyak lagi keunikan-keunikan yang ada pada menara Jam gadang ini, untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung langsung ya.

Silahkan anda ungkap sendiri Sisi Lain dari objek wisata ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga: Wisata Gula Aren & Pemandangan Hijau nan Indah Puncak Pato

Leave a Comment