Mengenal Lebih Jauh Janjang 40 di Bukittinggi Sumatera Barat

Kalau anda berwisata ke Bukittinggi, pastinya anda akan disuguhakan dengan berbagai macam lokasi wisata yakni Menara Jam gadang, istana wakil presiden pertama (Bung Hatta), istana basa pagarayung, Janjang 40 dan masih banyak yang lainnya.

Ya memang, Kota Bukittinggi Sumatera Barat ini memang sudah terbukti akan beraneka macam lokasi pariwisata yang menarik wisatawan asing maupun lokal. Salah satunya, wisata Janjang 40 ini.

Namun sudah tahukah anda apa itu Janjang 40, dan bagaimana sejarahnya? Simak terus artikel ini ya..

Wajib Baca: The Great Wall Jajang Koto Gadang – Surganya Petualang

Wisata Sejarah Janjang 40

Janjang Ampek Puluah, begitu orang Bukittinggi menyebutnya merupakan janjang atau deretan anak tangga yang menghubungkan Pasar atas dengan pasar bawah serta pasar Banto yang terdapat di kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Janjang 40 sendiri memiliki pengertian anak tangga sebanyak 40 buah, namun sebenarnya Janjang 40 memiliki sekitar 100 buah anak tangga.

Namun lebih dikenal dengan janjang 40 karena bagian paling curam dan yang paling atas terdapat janjang sebanyak 4o buah.

Lokasi wisata Janjang 40 berada di kelurahan Benteng Pasar Atas, Kecamatan Guguk Panjang.

Janjang 40 dibangun pada tahun 1908 pada waktu Louis constant westenenk menjabat asisten residen Agam. Dan pada waktu itu pemerintah Kolonial menghubungkan setiap pasar di Bukittinggi dengan janjang atau anak tangga, fungsinya untuk penataan pasar saja.

Sebenarnya selain janjang 40 banyak juga janjang yang lain di Kota ini, Namun yang sering dikunjungi adalah janjang 40 ini.

Karena memang lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan lokasi Jam Gadang. Tempat wisata bersejarah ini juga telah menginspirasi seorang pencipta lagu minang bernama syahrul Tarun yusuf dengan judul lagunya “Andam”.

Akses menuju lokasi wisata Janjang 40 ini juga sangatlah mudah karena memang lokasinya yang berada di dekat pusat kota.

Hanya sekedar tips saja, jika anda sudah mengunjungi tempat wisata unik ini, sempatkan juga mengunjungi lokasi Janjang yang lainnya.

Di mana semua janjang yang ada di Sumatera Barat ini memiliki Panorama dan daya tarik wisata yang menggiurkan dan liburan anda akan menjadi semakin komplit.

Baca Juga: Mengenal Alam Melalui Desa Wisata Kaliandra di Pasuruan

Leave a Comment