Kawah Ijen – Danau Kawah Terbesar di Jawa Timur

Gunung Ijen merupakan gunung yang masih aktif hingga sekarang. Gunung ini berada di ketinggian 2443 mdpl dan Meninggalkan Kawah Ijen, Sebuah Danau Kawah Terbesar di Jawa Timur.

Kawah Ijen sebuah danau kawah yang ada di puncak Gunung Ijen. Kawah ini memiliki keasaman yang sangat kuat atau 0 derajat keasaman yang bisa melarutkan tubuh manusia. Kawah ijen juga merupakan tempat belerang terbesar yang ada di Jawa Timur.

Wajib Baca: Kenapa Warna Danau Kelimutu Berbeda-beda?

Warna biru kehijauan yang ada dikawah ini menjadi pemandangan yang sangat indah. Danau ini memiliki kedalaman sekitar 200 meter dan luasnya 5466 hektar. Danau Kawah Terbesar di Dunia adalah Kawah Ijen dan Gunung Ijen gunung berapi paling menakjubkan di Indonesia.

Perjalanan yang harus di tempuh untuk bisa sampai kesana bisa dilalui dari 2 arah, yaitu melewati Banyuwangi atau Bondowoso.

Karena Kawasan Gunung Ijen ini terletak di 3 kabupaten yang berbeda, yaitu kabupaten Situbondo, Banyuwangi dan Bondowoso.

Wajib Baca: Danau Sentani menjadi primadona wisata baru di Papua

Perjalanan panjang yang penuh tantangan menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Jalanannya cukup berbahaya dan curam, namun ketika anda sudah sampai di puncak anda tidak akan tecengang melihat keindahan alam dari puncak gunung Ijen.

Namun jika anda salah satu orang yang tidak tahan dengan dingin, sebaiknya anda memakai baju super tebal karena suhu disana bisa mencapai 2 derajat celcius.

Di sana anda bisa melihat bunga edelweis yang mulai tumbuh sekitar bulan juli sampai september.

Tiket masuk yang dikenakan hanya Rp 2000 per orang untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp 15000 per orang.

Jika anda bertujuan untuk melihat kawah ijen, sebaiknya anda mempersiapkan kondisi fisik terlebih dahulu karena perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki.

Siapkan juga makanan dan minuman sebanyak mungkin, karena harga makanan yang ada disana biasanya lebih mahal.

Kawah ijen ini bisa anda jadikan tempat yang bisa anda kunjungi selanjutnya. Memanjakan mata anda dengan melihat pemandangan yang menakjubkan.

Baca Juga: Surga Alam Ranu Kumbolo | Obyek Wisata Indonesia

Leave a Comment