Pesona Wisata Gratis Kelok Sembilan di Riau

Sejenak mari kita mengistirahatkan pikiran kita dari berbagai aktifitas sehari-hari. Mari kita berwisata ketempat yang mungkin belum pernah kita kunjungi.

Kita bisa berkunjung ke Sumatra Utara tepatnya di Riau. Disana terdapat jalur kelok Sembilan, disebut seperti itu karena di jalur itu kita bisa melewati Sembilan kelokan.

Keindahan pemandangan yang ada di daerah Kelok Sembilan sangat elok untuk dinikmati. Tempat yang paling tepat untuk menikmati keindahan Panorama Kelok Sembilan adalah di bagian ruas jalan yang teratas.

Di bagian belokan teratas itu terdapat bahu jalan yang lumayan luas, sehingga wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya dengan tenang karena keamanannya terjaga.

Di daerah Jalur Kelok 9 sekarang sudah dibangunsebuah jembatan yang diberi nama jembatan layang dengan panjang 2,5 km.

Jembatan layang membentang berliuk-liuk mengitari kedua dinding bukit yang terjal dengan tiang-tiang beton yang tinggi denga aneka variasi yang dapat dicapai sekitar 58 meter.

Wajib Baca: Aktivitas Wisata Menarik di Bandung

Jalur Kelok Sembilan telah dibangun sejak masa pemerintahan Hindia-Belanda sekitar tahun 1908–1914. Jalur ini berliuk melintasi bagian Bukit Barisan yang panjangnya dari arah utara sampai ke selatan Pulau Sumatera.

Jika dijalan itu direntang dengan lurus tidak berbelok maka panjangnya Kelok Sembilan yaitu 300 meter, lebarnya 5 meter dan dengan ketinggian kisaran 80 meter.

Untuk menikmati keindahan dari panorama kelokan Sembilan tidak memerlukan banyak biaya.

Karena untuk masuk kesana kita hanya perlu mengeluarkan biaya untuk pesawat menuju Sumatera Utara dan uang bensin kendaraan serta uang makan.

Sedagkan untuk masuk di kelokan Sembilan itu para wisatawan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena dengan hanya cukup mengeluarkan biaya sangat sedikit yaitu sebesar Rp 3000,- untuk per orang.

Itu tadi Pesona Wisata Kelok Sembilan. Untuk memperoleh informasi lebih lengkapnya sebaiknya anda juga mencari referensi dari sumber lain mengenai tempat wisata kelok Sembilan.

Selamat berlibur dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tempat Terbaik Menginap di Villa Sanur Bali

Leave a Comment