wisata sejarah Candi Gunung Gangsir di Pasuruan

Mengenal Sejarah Candi Gunung Gangsir di Pasuruan

Mengenal Sejarah Candi Gunung Gangsir | Indonesia memang kaya akan wisata seni, budaya dan sejarahnya. Seluruh penjuru dunia juga mengakuinya.

Salah satu yang akan saya bahas kali ini adalah mengenai wisata sejarah Indonesia khususnya beberapa candi yang berada di Kabupaten Pasuruan, salah satunya adalah mengorek bagaimana Sejarah candi Gunung Gangsir.

Candi ini sering juga disebut dengan nama Candi Keboncandi. Candi ini terbuat dari setumpuk batu bata merah.

Berlokasi sekitar 5 Km dari pusat kota Bangil, candi ini juga merupaka Candi yang terbuat dari batu bata merah tertua di Jawa Timur.

Candi ini berdiri kokoh diatas tanah seluas 62 X 24 meter. Candi Keboncandi ini memiliki tinggi 20 meter dengan lebar 17 meter berbentuk segi empat memiliki empat tingkat, dan menghadap kearah timur.

Candi ini juga disertai sebuah pintu yang sangat kecil sehingga tidak memungkinkan untuk di masuki. Candi ini juga terkenal akan banyaknya relief yang dimiliki, tapi sayangnya relief-relif tersebut hilang dicuri orang yang tidak bertanggung jawab.

Hingga yang tersisa saat ini adalah relief dengan bentuk bejana, serta relief seorang wanita yang sudah tidak utuh.

Wajib Baca: 10 Obyek Wisata Indonesia Paling Diminati Sepanjang 2012

Menurut cerita masyarakat sekitar, Candi ini dibuat sebagai tugu peringatan keberhasilan panen tanaman pada masanya.

Jika melihat dari kecilnya pintu yang terdapat di bangunan candi ini, diperkirakan candi ini juga memiliki fungsi sebagai lumbung untuk peenyimpanan hasil panen.

Cerita simpang siur akan sejarah dari bangunan candi ini terus berkembang dimasyarakat,hal ini diakibatkan karena minimnya informasi yang ada sekitar bangunan candi.

Tidak ada papan informasi apapun di sekitaran candi ini,mengingat candi ini berada pada tahap pemugaran, karena sebagian dari candi ini telah rusak, bahkan taksedikit pula yang hancur.

Rusaknya sebagian bangunan candi ini disebabkan oleh masyarakat yang tidak memiliki tanggung jawab,serta menyebarnya isu bahwa ada harta karun yang terpendam di bangunan candi ini membuat Candi Gunung Gangsir di buru oleh masyarakat yang mempercayai adanya hal itu.

Ada juga cerita lain bahwa rusaknya dan hilangnya beberapa ornamen yang ada di candi ini terjadi pada saat penjajahan yang kemudian beberapa ornamen tersebut dijual untuk biaya perang.

Bagi anda yang tertarik untuk belajar sejarah keberadaan candi, maka tidak salah jika anda berkunjung kesini, untuk memahami secara detail tentang Sejarah Candi Gunung Gangsir.

Semoga artikel ini dapat menambah sedikit wawasan anda akan sejarah dan budaya Indonesia, terimakasih.

Baca juga: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Leave a Comment