paket wisata dieng plateau

Objek Wisata Dieng Plateau di Jawa Tengah

Dieng merupakan salah satu barisan pegunungan yang ada di Pulau Jawa, tepatnya di propinsi Jawa Tengah. Secara geografis, Dieng hampir persis di tengah propinsi ini.

Seperti gunung lainnya misal merapi dan merbabu yang meliputi beberapa kabupaten, Dieng menjadi bagian dari Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

Bersebelahan dengan Dieng, terdapat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dengan kondisi alam seperti ini, Dieng juga lazim dikenal dengan Dieng Plateau.

Menurut Vulkanologi, Dieng termasuk kawasan vulkanik aktif dan bisa disebut sebagai gunung api raksasa yang memiliki beberapa kepundan kawah.

Ketinggian rata-rata dataran ini sekitar 2.000m dpl (di atas permukaan laut). Diliputi hawa sejuk dengan suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari.

Sedang pada musim kemarau (Juli dan Agustus), bahkan suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku. Embun beku ini bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Asal usul Nama Dieng

Tidak pasti manakah yang benar tentang asal muasal nama Dieng. Cerita yang telah populer tersebar bahwa Dieng berasal dari bahasa Sanskerta di dan hyang.

Di berarti gunung dan hyang berarti dewa sehingga diemg dimaknai sebagi tempat bersemayamnya para dewa. Boleh jadi, penamaan ini berasal dari jaman kerajaan hindu di tanah Jawa.

Sementara versi lain menyebutkan bahwa nama Dieng berasal dari bahasa Jawa Edi (cantik) dan aeng (aneh). Disebut Dieng karena tempatnya indah namun menyimpan banyak keanehan atau misteri.

Apa saja misteri di dieng plateu ini? Sebut saja danau di gunung seperti sumur jalatunda dan telaga warna.

Sebelum terjawab dengan ilmu vulkanologi, orang terdahulu hanya bisa mereka-reka cerita. Dan tek jarang cerita itu manjur untuk menanamkan budi pekerti pada anak.

Tentang sumur Jalatunda, merupakan sumur raksasa dengan diameter sekitar 100 meter dan kedalaman ratusan meter. Padahal itu adalah bekas kepunden gunung meletus dan diisi oleh air hujan.

Keanehan lain, ada embun berujud seperti es dan bisa merusak tanaman. Tentu ini tidak wajar seperti di dataran rendah. Dan masih banyak lagi pesona keelokan wisata alam Dataran Tinggi Dieng.

Objek Wisata Dieng

Tak kurang dari 20 objek wisata bisa anda rencanakan untuk melancong ke Dieng. Objek wisata itu berupa telaga, gua, sumber air panas, air terjun, dan masih banyak lagi.

Di wilayah Wonosobo terdapat 12 tujuan atau paket wisata Dieng ini, yaitu: telaga warna, telaga pengilon, gua Semar, gua sumur, gua jaran, batu tulis/batu Semar, kawah sikendang, telaga cebong, air terjun sikarim, air terjun seloka, Gunung Sikunir dan telaga menjer.

Sedangkan objek wisata alam kawasan Dieng yang masuk Kabupaten Banjarnegara tak kurang dari sembilan objek meliputi Curug Sirawe, Kawah Sikidang, Telaga Balekambang, Telaga Merdada, Telaga Dringo, Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda dan Gua Jimat.

Adapun situs bersejarah berupa peninggalan dinasti hindu meliputi kelompok Candi Arjuna, Candi Dwarawati, Candi Gatotkaca, Candi Bima, watu kelir, tuk Bimolukar dan Ondho Buddho.

Akses ke Dieng

Akses menuju ke Dataran Tinggi Dieng tidaklah sulit namun akan lebih mudah jika melalui Kota Wonosobo karena jalannya dapat dilalui kendaraan bermotor.

Untuk Anda yang berencana membawa kendaraan pribadi, SELALU INGAT untuk memastikan bahwa kendaraan Anda dalam keadaan baik.

Hal ini untuk mengantisipasi medan jalan yang berliku dan menanjak. Tak jarang di tepi kanan atau kiri jalan bersebelahan dengan jurang yang dalam.

Sedangkan jalur kendaraan umum, Anda bisa berawal dari terminal Kota Wonosobo. Diperlukan perjalanan +/- 30 km dengan waktu tempuh hampir 1 jam.

Ongkos yang harus dibayar sekitar Rp 10.000/orang.

Harga Tiket Masuk Dieng

Harga tiket memasuki kawasan wisata Dieng Plateu sebesar Rp 2.000/orang. Harga ini belum termasuk tarif mengunjungi obyek-obyek wisata di seputar kawasan ini.

Harga tiket terusan untuk masuk ke semua obyek wisata sebesar Rp 12.000/orang, dan sudah termasuk asuransi Jasa Raharja.

Khusus bagi Anda yang ingin mengunjungi satu atau dua obyek tertentu dikenakan harga tiket sebesar Rp 4.000/orang untuk satu obyek wisata (November 2008).

Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Fasilitas yang ada di area wisata Dieng Plateu seperti mushola, warung makan, serta pasar tempat berjualan cenderamata serta produk makanan khas Dieng seperti sayuran, buah carica (buah ini hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng, bentuknya lebih kecil dari pepaya, biasanya diolah menjadi manisan dan jamur khas Dieng).

Pasar tersebut sengaja disediakan oleh pihak pengelola untuk memanjakan para pengunjung yang ingin berbelanja.

Untuk menghemat budget, disarankan menggunakan paket tour dieng dari operator yang bisa ditemui di internet.

Hotel di Sekitar Dieng

Berikut adalah beberapa hotel di sekitar Dieng yang bisa anda pilih: Kresna – Jl. Pasukan Ronggolawe 30 Telp 0286 324111Parama – Jl. A. Yani, Telp 0286 321788Bhima – Jl. A. Yani 4, Telp 0286 321233Surya Asia – Jl. A. Yani 137, Telp 0286 3229922Sri Kencono – Jl. A Yani 1, Telp 0286 321533Dieng Kledung Pass – Jl. Raya Parakan KM 17, Telp 0286 321266Duta – Jl. RSU 3, Telp 0286 321674Asri – Jl Resimen 11, Telp 322476Sindoro – Jl. Sumbing 14, Telp 0286 321176Dieng Plateau – Jl. Dieng Plateau, Telp 392823Arjuna – Jl. Sindoro 7A, Telp 0286 321389Surya – Jl A. Yani 13, Telp 0286 321272Asri Dieng Plateau – Jl. Telaga WarnaUtami – Jl. Girimargo 56Famili – Jl. Sumbing 6 Telp 0286 321396

Baca Juga: Hijau Kokoh Gunung Mahawu | Obyek Wisata Indonesia

Leave a Comment