Pantai Taman Laut Bunaken

Pantai Bunaken. Pernahkan terbersit dalam benak anda jika anda di berikan kemampuan yang menyerupai putrid duyung, dimana bisa menikmati keindahan alam di bawah laut? Begitu lah rasanya jika anda menggunakan peralatan selam anda untuk menikmati keindahan tmaan laut Pantai Bunaken di daerah Manado, Sulawesi Utara.

Dimana selalu ditawarkan keindahan dan keragaman varietas tumbuhan dan hewan laut yang akan membuat anda setiap saat berdecak kagum tanpa henti, dengan keajaiban kemagisan sebuah pemandangan alam yang tak tergantikan oleh keindahan buatan manusia apapun.

Tapi tahukah anda bahwa keindahan alami ini bisa saja terancam jika semua wisatawan yang datang tidak berlaku baik terhadap alam dan lingkungannya?

Pantai Bunaken yang berada di teluk Manado ini, memrupakan salah satu harta karun terbaik Indonesia,dimana tmaan lautnya adalah tmaan nasional yang wajib di jaga kelestariannya.

Berbagai kehidupan dan habitat di dalam laut bisa dinikamati hanya dengan biaya masuk yang tidak mahal, cukup 25.000 per orang, anda suddah bisa menikmati ini, cukup dengan menyewa perahu m otor ke tengah laut, untuk mencapai taman laut yang  dimaksud dalam waktu yang tidak sampai satu jam perjalanan, hanya  40 menit perjalanan dengan perahu motor. 

Pantai Bunaken memang sangat eksotis, dengan beragam jenis terumbu karang, yang katanya ada 13 jenis terumbu karang dengan bebatuan laut yang indah, pemandangan yang menarik dengan hamparan karang terjal vertical hingga mencapai  50 meter kebawah permukaan laut.

Untuk anda yang menyukai dunia binatang, dan menyukai mengkoleksi foto dan gambar jenis-jenis ikan, mata anda akan di manjakan dengan lebih dari 90 jenis ikan yang sangat indah, di taman laut Bunaken ini ada beragam jenis ikan kuda, ikan ekor kunind, ikan nila dan lainnya.

Bagi anda yang menyukai menyelam, anda bisa lebih dekat dan lebih nyata merasakan kehidupan alam bawah laut pantai Bunakenyang mempesona, jika anda menggunakan peralatan scuba diving.

Ttempat yang paling menarik yang bisa anda kunjungi adalah adanya 20 buah titik menyelam yang bisa anda kunjungi, dengan beragam biota laut yang sangat menakjubkan yang akan membuat anda tidak berhenti berdecak kagum.

Jangan salah memilih waktu untuk berkunjung ke pantai Bunaken, pastikan adna berangkat di waktu yang tepat, yaitu di antara bulan Mei hingga Agustus, dimana cuaca saat ini sangat cerah, pantai yang terang dan cerah, terhindar dari badai akibat musim hujan, karena masih di dalam musim kemarau, anda akan bebsa menikmati keindahan alam bawah laut tanpa takut akan kondisi cuaca yang kurang mendukung.

Dengan biodiversitas yang sangat baik dan tertinggi di dunia, pulai ini menarik begitu banyak para penyelam scuba dari seluruh dunia untuk menikmati keindahannya.

Kedalaman anda menyelam pun akan bervariasi, sesuai dengan 20 titik penyelaman yang anda pilih, bahkan bisa mencapai hingga kedalaman 1.344  meter.

Beberpaa titik penyelaman terdapat di pulau Bunaken, dan beberapa lainnya berada di bagian tenggara dan barat pulau Bunaken. Hamparan karang raksasa dan di sebut dinding besar di bawah laut menjadi sumber makanan bagi beragam jenis ikan dan hewan laut lainnya.

Pantai Bunaken bukanlah satu-satunya taman laut di Indonesia, tapi merupakan salahsatu harta nasional yang wajib di jaga kelestariannya agar bisa menjadi salah satu pencetus keragaman alam di dunia untuk beribu tahun kedepannya dengan keragaman keindahan makhluk hidup yang dimiliki Pantai Bunaken.

Baca Juga: Pantai Losari, Destinasi Wisata Alam dan Bahari Yang Memukau

Leave a Comment