Pesona Air Terjun Seribu Batu di Bantul, Yogyakarta

Bantul, kota ini memang memiliki banyak sekali objek wisata yang wajib anda kunjungi. Dari yang sudah terkenal,hingga yang belum terekspose secara maksimal Salah satunya adalah Air Terjun Seribu Batu atau yang lebih dikenal dengan Air Terjun Cengkehan.

Disebut Seribu Batu karena air terjun ini mengalir diantara bebatuan yang yang terletak disepanjang sungai dan konon berasal dari Gunung Api Purba Nglanggerang, dan jumlah batunya pun sangat banyak. Inilah eksotika Air Terjun “Seribu Batu” yang tergolong masih perawan ini.

Air Terjun Cengkehan atau dulu dikenal dengan nama Air Terjun Seribu Batu ini berada di Dusun Cengkehan Giriliyo, Imogiri kabupaten Bantul.

Lokasinya yang berada di daerah pegunungan, membuat siapapun yang datang kesini harus menyiapkan tenaga yang ekstra untuk melihat pesona indahnya, karena jalannya yang bebatuan dan licin membuat tantangan tersendiri.

Wajib Baca: Air Terjun Bantimurung di Taman Nasional Bantimurung

Ketinggian air terjun ini sebenarnya tidak terlalu tinggi, sekitar 4 sampai 6 meter saja dan memiliki debit air yang cukup rendah tetapi tetap mengalir setiap harinya. Karena memang objek wisata alam ini belum terekspose secara maksimal, membuat fasilitas yang ada juga masih minim.

Bahkan bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini,anda tidak dipungut biaya masuk alias gratis. Untuk waktu yang kunjungan wisata ini dibuka dari jam 9 pagi hingga jam 3 sore.

Memakan waktu sekitar 15 menit untuk mencapai lokasi dari parkiran dirumah penduduk sekitar. Menurut cerita warga sekitar, konon katanya bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini akan awet muda.

Lokasi air terjun Seribu batu ini sangat cocok bagi anda yang pecinta outbound. Untuk mencapai lokasi anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.

Dengan rute perjalanan untuk kendaraan umum dari jembatan karangsemut kemudian lanjutkan perjalanan menuju desa wukirsari.

Sangat disayangkan memang, objek wisata ini masih sangat perlu perhatian pemerintah agar wisata ini semakin dikenal dan menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan.

Meningkatkan fasilitas dan memudahkan akses menuju lokasi rupanya masih menjadi PR bagi pemerintah setempat. Itu dia inspirasi liburan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca Juga: Air Terjun Sedudo Kebanggaan Warga Nganjuk

Leave a Comment