Pesona Alam Goa Tetes di Lumajang

Lumajang yang sudah berusia tua menyimpan sebuah pesona lain di dalamnya. Pesona alam Goa Tetes di Lumajang akan membawa kesan tersendiri bagi kota ini. Apakah Anda pernah mendengar objek wisata ini?

Kira-kira kesan apa yang akan Anda rasakan bila mengunjungi Goa Tetes? Berikut ini yang dapat Anda lihat dan nikmati di lokasi wisata yang satu ini.

Wajib Baca: Keindahan Goa Embultuk

Lokasi Goa Tetes

Letak goa ini cukup jauh dari pusat kota Lumajang. Lokasinya sejauh kurang lebih 50 km dari pusat kota ke arah selatan, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kec. Pronojiwo.

Jangan khawatir, meskipun letaknya yang cukup jauh, namun pemandangan alam sepanjang perjalanan akan membuat Anda tidak cepat merasa lelah.

Keadaan Sekitar

Ketika Anda masuk ke wilayah goa, Anda akan disuguhkan panorama alam layaknya hutan dengan suara gemericik air yang menambah suasana yang damai dan sejuk.

Bila Anda ingin masuk menembus goa, Anda harus rela berjalan kurang lebih sejauh 1 km. Namun, hal itu tidak akan membuat Anda rugi.

Tetesan air yang tak kunjung henti dari atas goa ini sebenarnya malah mengindikasikan goa ini dialiri sebuah air terjun.

Di dalam goa tersebut Anda akan disuguhi pemandangan stalagmite dan stalagtit yang terbentuk alamiah.

Selain itu bebatuan yang mengandung mineral dan belerang hasil tetesan air dari atas goa yang berkilauan akan membuat Anda semakin takjub akan keindahan goa ini.

Wajib Baca: Gua Pindul

Mitos Goa Tetes

Sebagian warga Lumajang percaya bahwa air yang menetes dari atas goa itu mengandung mitos tersendiri.

Ada yang menganggap bahwa bila mandi dengan iar tersebut akan membuat awet muda. Selain itu, bila yang masih melajang akan cepat bertemu jodohnya setelah mengunjungi tempat ini.

Bahkan pasangan rumah tangga yang telah retak atau hancur dipercaya akan bersatu kembali setelah sama-sama dipertemukan di tempat ini.

Pesona alam Goa tetes di Lumajang memang akan membawa kesan tersendiri kepada Anda. Keindahan alamnya pastinya akan membuat Anda tak rugi rasanya jika berkunjung ke sini.

Apalagi ditambah dengan cerita mitos yang berkembang di lingkungan masyarakat sekitar, pastinya akan menambah minat Anda untuk mengunjungi objek wisata Goa Tetes.

Baca Juga: Wisata Pantai dan Gua di Pacitan – Tanah Kelahiran SBY

Leave a Comment