Pulau Komodo di NTT – Wisata Terunik di Indonesia

Taman Nasional Komodo terletak di Pulau Komodo dan menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia terbaru selain Lembah Amazon yang berada di Amerika Latin, Pulau Jeju di Korea Selatan, Teluk Ha Long di Vietnam, Taman Nasional Puerto Princesa Subterranean River di Filipina, Table Mountain di Afrika Selatan dan Jeram Iguazu di Argentina-Brazil.

Sebagaimana pengukuhan prasasti oleh Bernard Weber selaku Pendiri dan Presiden Yayasan 7 Keajaiban Dunia, Taman Nasional ini resmi menyandang predikat tersebut pada pertengahan bulan September ini.

Terletak di antara propinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat, Taman Komodo melindungi komodo beserta dengan habitatnya sejak tahun 1980.

Pada tempat perlindungan flora dan fauna langka tersebut, terdapat 227 spesies hewan yang terdiri dari 32 spesied mamalia, 128 spesies burung dan 37 spesies reptil.

Komodo, yang merupakan hewan yang dilindungi di Taman Nasional Komodo ini, merupakan reptil yang sudah menetap di pulau tersebut selama kurang lebih 40 juta tahun.

Sekalipun hewan ini sudah mampu bertahan dengan iklim yang berubah sebanyak 33 kali, komodo saat ini mengalami masa kepunahan dengan jumlahnya yang hanya tinggal 4000 ekor.

Sebagai orang Indonesia yang bangga dengan masuknya Taman Wisata Komodo sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia, kita pun perlu sadar akan pentingnya melestarikan flora atau fauna yang ada di tempat perlindungan tersebut.

Baca Juga: Taman Nasional Gede Pangrango

Leave a Comment