Pulau Umang – Tempat Liburan keren di Provinsi Banten

Tahukah Anda bahwa ujung barat Banten punya tempat liburan keren selain Carita? Bila di pesisir selatan ada pantai Sawarna, di ujung banten ada Pulau Umang.

Hanya 5 menit dari pulau Jawa. Oleh karenanya, layak untuk jadi daftar tujuan liburan tahun ini. Pulau Umang yang menawarkan berjuta pesona keindahan, seperti panorama pantai yang indah, pasir putih, olahraga pantai, penginapan yang nyaman, dan santapan yang lezat.

Pulau Umang masuk kawasan Provinsi Banten. Pulau ini memiliki pasir putih, air laut yang jernih dan berbagai fasilitas yang bisa memanjakan Anda.

Wajib Baca: Pulau Biawak di Indramayu Alternatif Pulau Komodo

Akses Menuju Pulau Umang

Dari jakarta, Anda harus menyusuri jalan darat relatif jauh menuju daerah Sumur, sekitar 183 km dari Jakarta lewat Pandeglang.

Rute ini ditempuh kurang lebih 6 jam. Kemudian dilanjutkan dengan menyeberang laut menggunakan speedboat menuju Pulau Umang, dengan waktu tempuh hanya 5 menit.

Cukup mudah untuk bisa berlibur ke potongan surga ini. Ada dua rute perjalanan darat yang bisa dilewati, yaitu keluar tol Serang Timur atau Cilegon Barat.

Wajib Baca: Memanjakan Diri Berlibur Ke Wisata Pulau Ayer

Rute pertama lewat Tol Jakarta-Merak, keluar di Serang Timur (km 71), lantas mengikuti jalan Pandeglang sampai Labuan, kemudian menuju Taragong-Citeurup-Cigeulis-Cibaliung-Cimanggu dan akhirnya sampai di Sumur.

Rute kedua, melalui Tol Jakarta-Merak, keluar di Cilegon Barat, lantas mengikuti Anyer-Carita sampai bertemu lagi dengan Labuan, kemudian mengikuti jalur yang sama dengan rute pertama sampai ke Sumur.

Lama dan penatnya waktu perjalanan akan terbayar setelah tiba dilokasi. Cottage dengan atap cantik berbentuk cangkang hewan umang-umang, yang menjadi ciri khas Pulau Umang, siap menyambut kedatangan Anda.

Wajib Juga: Tempat Wisata Unik di Pulau Moyo – Sumbawa, Provinsi NTB

Aktivitas Wisata di Pulau Umang

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pulau kesayangan banten ini, seperti snorkeling, bermain jet ski dan banana boat.

Hanya sekedar duduk di pantai menikmati semilir angin dan deburan ombak pun bisa anda nikmati. Pasir pantai Pulau Umang sangat bersih dan putih.

Masih banyak karang-karang dan ganggang di tepiannya.

Jika anda suka bermain di tepi pantai, bisa ditemui banyak ikan-ikan kecil berenang dan keramba milik nelayan.

Pengelola pulau telah mempersiapkan taman bermain bertema outbond dan kolam renang khusus anak-anak yang menghadap laut lepas bagi wisatawan yang membawa anak-anak.

Tak hanya itu, pengunjung bisa juga memanfaatkan tepian pantai yang luas untuk bermain bola.

Wajib Baca: Pulau Komodo di NTT – Wisata Terunik di Indonesia

Kuliner di Pulau Umang

Liburan terasa lengkap dengan sajian kuliner selepas bermain seharian di pantai. Anda bisa mencoba hidangan lezat khas Pulau Umang aneka seafood.

Makanan khas pulau Umang adalah ikan kakap merah dan kerapu. Tak perlu khawatir, bagi Anda yang tidak suka hidangan seafood, restoran di pulau keren ini juga menyediakan aneka olahan daging dan menu lainnya.

Hiburan di Pulau umang

Di malam hari, pengunjung dihibur oleh pertunjukkan musik organ tunggal lengkap dengan penyanyi bersuara meru.

Wajib Baca: Pulau Derawan

Penginapan di Pulau Umang

Di penghujung malam, kamar-kamar bertema rumah panggung siap dijadikan tempat peristirahatan. Di Pulau ini ada 30 kamar dengan pembagian, 15 kamar menghadap sunset dan 15 kamar menghadap sunrise, Anda bebas memilih kamar yang akan ditempati.

Jika ingin berlibur ke tempat indah ini pada musim liburan dan rela berdesak-desakan, Anda harus memesan kamar jauh-jauh hari, karena pulau ini akan dipadati wisatawan.

Untuk menginap selama 3 hari 2 malam kira-kira dibutuhkan biaya Rp 1.200.000 per orang untuk bisa menikmati semua keindahan yang ditawarkan.

Baca Juga: Pulau Kakaban dengan danau purbanya

Leave a Comment