danau ranu grati di pasuruan jawa timur

Pesona Ranu Grati di Pasuruan Propinsi Jawa Timur

Lokasi Danau Grati atau Ranu Grati ini berada di 3 wilayah desa sekaligus. Yakni meliputi Desa Ranuklindungan, Desa Sumberdawesari, dan Desa Gratitunon.

Kecamatan Grati adalah sebuah desa yang mempunyai geografis wilayah dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 100 mdpl.

Kecamatan Grati tidak mempunyai laut ataupun pantai. Namun demikian, Kecamatan ini justru memiliki sebuah Ranu atau danau yang sangat indah. Ranu Grati namanya.

Wajib Baca: Kenapa Warna Danau Kelimutu Berbeda-beda?

Berdiri diatas lahan seluas 1085 hektar yang sisi selatan danau terdapat tebing setinggi 50 meter. Danau ini merupakan danau vulkanik karena terbentuknya danau ini akibat dari meletusnya gunung berapi, dengan ciri khas danau yang memiliki kedalaman yang sangat dalam.

Keberadaan danau ini membuat pemerintah setempat sangat gencar dalam mempromosikannya. Terbukti sejak tahun 2000, Danau ini telah diperkenalkan dan akhirnya jerih payah pemerintah setempat membuahkan hasil, telah banyak wisatawan yang berkunjung ke ranu ini.

Bukan hanya untuk sekedar pariwisata, danau ini juga di manfaatkan pemerintah setempat untuk sarana berbagai kegiatan, yakni olahraga air se Jawa-Bali.

Kegiatan itu semata-mata dilakukan untuk lebih mengenalkan Ranu Grati kepada wisatawan luar daerah.

Wajib Baca: Pesona Alam Bawah Laut Di Pulau Pramuka

Akses Menuju Ranu Grati

Akses jalan yang sangat mudah karena memang lokasi danau ini berada di selatan jalan raya utama Surabaya-Probolinggo.

Pemerintah setempat juga menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan para pengunjung,salah satunya adalah pengunjung bisa menyewa Boat atau sepeda air untuk berkeliling menyusuri danau.

Selain itu Ranu ini juga cocok untuk anda yang gemar memancing, disana memang terdapat banyak sekali ikan-ikan yang akan menyambar pancing anda.

Jenis ikan yang tersebar di danau ini meliputi, ikan nila,mujaer dan patin, serta ikan khas dari ranu ini yaitu ikan lempuk,dengan ukuran yang kecil maka untuk mendapatkan ikan ini harus menggunakan jala.

Namun dibalik dari panorama indah dan tenangnya air dari danau ini. Ternyata ada sebuah kejadian yang sangat tragis yang terjadi di danau ini.

Kejadian itu adalah ketika sebuah Tank Ambifibi milik tentara yang sedang menggelar latian rutin tenggelam beserta seluruh pasukan yang mengendarainya sejumlah 22 orang pasukan,kejadian itu terjadi pada tanggal 17 oktober tahun 1979.

Tragis memang jika mengingat kembali kejadian yang terjadi di danau ini. Untuk mengenang kejadian ini, pemerintah setempat membuatkan tugu peringatan 17 Oktober 1997.

Itulah tadi penjelasan saya tentang Pesona Indahnya Ranu Grati, Semoga bermanfaat.

Baca juga: Surga Alam Ranu Kumbolo | Obyek Wisata Indonesia

Leave a Comment