Keindahan Situs Reco Lanang di Mojokerto

Reco lanang yang ada di desa Kemloko kecamatan Trawas yang berjarak kurang lebih sekitar 40 kilometer dari pusat kota Mojokerto yang berarti dalam bahasa jawa artinya arca laki-laki yang merupakan gambaran dari perwujudan Dhani Budha yang disebut sebagai Budha Aksobnya sebagai penguasa arah mata angin timur.

Apakah Anda sudah pernah melihat situs reco lanang yang ada di Mojokerto tersebut? Selain reco Lanang juga terdapat reco wadhon yang keberadaannya berjarak kurang lebih sekitar 50 meter dari reco lanang dengan posisi tengkurap, semenjak terjadinya bencana longsor yang menimpah kawasan tersebut yang mengakibatkan reci wadhon tersebut akhirnya menggelinding.

Wajib Baca: 7 Keajaiban Dunia di Indonesia Tempat Wisata Favorit 2022

Reco wadhon dipercaya arca dari agama hindu yang konon tempat tersebut merupakan tempat pembuatan arca batu pada masa kerajaan Majapahit.

Reco lanang yang terbuat dari batu bata merah dan juga terbuat dari batu andesit memiliki tinggi 5,7 meter.

Agama budha mengenal beberapa bentuk kebudayaan seperti Manusi Budhi serta Dhyani Bodhisatwa yang digambarkan di dalam perwujudan budha yang artinya sebagai orang yang bertafakur dan berada di langit.

Keindahan situs tersebut yang membuat para wisatawan baik dalam kota maupun luar daerah rela jauh-jauh berkunjung ketempat tersebut.

Wajib Baca: Update Tempat Wisata di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara 2022

Di bawah ini ada beberapa keindahan situs reco lanang

  • Sejarah yang terkandung di dalam reco lanang menjadi salah satu daya tarik tempat tersebut. Apalagi konon dipercaya ada seorang pemuda yang memiliki kekuatan yang sangat luar biasa yang terpancar pada dirinya yang bertugas untuk mengajari dharma di dunia ini semakin membuat penasaran para wisatawan untuk berkunjung ke situs rico lanang tersebut.
  • Situs reco yang ada ditempat yang sejuk suasana yang asri dengan pepohonan yang masih rindang yang akan memanjakan Anda dan membuat Anda nyaman berada disekitar kawasan rico lanang.
  • Di situs yang jadi tempat wisata sejarah mojokerto ini juga terdapat patung gajah yang kecil, unik, dan cantik yang akan menyambut kedatangan Anda saat berkunjung ketempat tersebut.

Keindahan Situs Reco Lanang bisa menginspirasi liburan Anda untuk bisa berkunjung ketempat-tempat peninggalan kerajaan pada jaman dulu khususnya kerajaan Majapahit.

Mungkin anda juga tertarik untuk membaca MONJALI Monumen Jogja Kembali – Wisata Populer Yogyakarta

Leave a Comment