ranu kumbolo gunung semeru 2022

Surga Alam Ranu Kumbolo | Obyek Wisata Indonesia

Surga Alam Ranu Kumbolo | Danau yang kita ketahui hanya sekedar air bersih dan ikan yang hidup didalamnya.

Tahukah Anda danau yang sangat indah yang berada di lereng gunung? Nah, patut Anda ketahui bahwa gunung tertinggi di Pulau Jawa atau bisa kita sebut Gunung Semeru memiliki danau yang berada di lereng yaitu Ranu Kumbolo. Ranu sendiri berarti danau.

Kabupaten Lumajang memiliki banyak danau, diantaranya Ranu Pakis, Bedali, Klakah, Regulo, Pane, dan Ranu Kumbolo sendiri. Ranu Kumbolo merupakan segelintir danau yang berada di Kabupaten Lumajang yang tak kalah eksotis dari ranu-ranu lainnya.

Ranu Kumbolo pernah dijadikan tempat shooting film 5cm yang menunjukkan keindahan alam yang mengagumkan dan tak bisa diucapkan dengan kata-kata lagi.

Jika Anda masih penasaran akan keindahan Surga Alam Ranu Kumbolo, berikut sedikit informasinya untuk para pengunjung setia wisata alam.

Wajib Baca: Mengungkap Keistimewaan Danau Singkarak

1. Lokasi Ranu Kumbolo

Surga alam ini berada di ketinggian 2.400 mdpl dan terletak di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang memiliki luas sekitar 10 Ha.

2. Potensi wisata.

Pengunjung bisa menikmati keindahan gugusan bukit-bukit yang mengitari danau dan juga menikmati suasana ketika sunrise.

3. Peraturan bagi pengunjung.

Pengunjung yang berada di sekitar area danau dilarang mandi, membuang sisa bahan kimia, buang air kecil dan besar, dan sampah harus dibawa turun gunung karena mata air dari danau tersebut menjadi sumber kehidupan masyarakat sekitar.

Namun jangan khawatir, pengunjung diperbolehkan untuk memancing atau sekedar mengambil air untuk dimasak saat berkemah di tempat ini.

4. Mitos.

Pembuat decak kagum dan penasaran pendaki yaitu mitos Tanjakan Cinta yang melegenda.

5. Tarif .

Tarif yang dikenakan pada pengunjung hanya Rp 5.000 per hari untuk parkir.

6. Rute perjalanan.

Anda bisa mulai perjalanan dari pusat Kota Lumajang menuju arah Desa Senduro. Setelah sampai di Senduro, Anda masuk ke jalan menuju Desa Ranu Pane dan akan melewati hutan belantara.

Dari Desa Ranu Pane, Anda akan berjalan kaki menuju Ranu Kumbolo dengan waktu tempuh sekitar 5 jam. Jarak Ranu Kumbolo dari pusat kota Lumajang sekitar 150 km.

Menikmati wisata alam tentunya tak hanya satu sampai dua kali, bahkan sampai puluhan kali kita menikmati keindahan alam dimana saja.

Hal itu karena alam dan makhluk hidup lain merupakan sahabat terdekat manusia. Maka nikmatilah Surga Alam Ranu Kumbolo ini yang merupakan salah satu sahabat kita.

Baca Juga: Objek Wisata Danau Toba di Propinsi Sumatera Utara Indonesia

Leave a Comment