Taman Buah Mekarsari Bogor

Taman Buah Mekarsari menjadi salah satu ikon wisata favorit di wilayah Bogor. Taman rekreasi Mekarsari bisa menjadi solusi bagi anda yang hobi jalan-jalan namun kehabisan idem au ke mana. Apalagi bagi anda yang sibuk bekerja di tengah kota besar, pikaran anda perlu direset supaya lebih segar. Tak perlu jauh dan mahal, Taman Buah Mekarsari yang ada di Bogor bisa menjadi pilihan wisata unggulan bagi warga Jabodetabek.

Nama Mekarsari di Bogor memang tidak setenar kebun raya Bogor dikarenakan dua hal. Kebun raya Bogor telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dan lokasinya di pusat kota sehingga mudah diakses oleh wisatawan. Adapun Mekarsari, lokasinya tergolong masih relative di pedalaman tepatnya di kabupaten Bogor, jalan Cilengsi-Jonggol km.3

Taman Buah Mekarsari diresmikan sebagai tempat wisata kepada umum pada tahun 1995. Awalnya, Mekarsari dirancang sebagai taman buah dan wahana pendidikan. Di taman Mekarsari yang hanya sebagai taman buah, anda bisa menikmati berbagai macam buah dengan bebas selama masih di dalam area taman buah.

Sekarang, Mekarsari telah berbenah menjadi wahana wisata modern dengan aneka ragam pilihan wahana. Mekarsari memiliki luas 264 hektar, oleh karenanya meski ada tambahan wahana wisata lain tetap taman buah masih menjadi ikon wisata utama Mekarsari.

Taman Buah Mekarsari  berfungsi juga sebagai pusat konservasi aneka macam buah dan sayuran dari berbagai penjuru nusantara. Terdapat pula laboratorium untuk mengembangkan media tanam tumbuhan. Sebagian tanaman yang ada di taman buah mekarsari adalah hasil kreasi laboratorium seperti nangkadak, nanas arnis, cempeka, dan masih banyak buah lainnya.

Taman Buah Mekarsari sebagai tempat pelestarian (konservasi), pembibitan, tabulampot, dan agronomi memiliki koleksi tanaman dengan banyak spesies serta varietas. Ada juga tumbuhan langka di taman buah mekarsari seperi sawo kecik, kesemek, bunga bangkai, dan lain sebagainya.

Tiket Masuk Mekarsari

Taman buah mekarsari sebagai wahana wisata dan edukasi tidak mematok harga mahal, cukup dengan membayar Rp 10.000,- per orang untuk bisa masuk ke area Mekarsari. Gerbang dan lokasi jaraknya lumayan jauh sekitar 400 meter. Namun dengan naungan pohon markisa di kanan kiri membuat jalan kaki terasa nyaman dan terlindung dari sengatan sinar matahari.

Selepas gerbang, anda akan menemui kereta wisata yang siap mengantar mengelilingi menikmati pemandangan aneka ragam tanaman buah di mekarsari. Aneka tumbuhan tropis yang bisa ditemui antara lain belimbing, rambutan, salak, jeruk, nangka, melon yang ditanam di rumah plastic dan lain sebagainya.

Pemandangan lain dari kereta wisata ini adalah pengalaman seru melintasi danau seluas 20 hektar. Danau di mekarsari menyediakan aneka wahana wisata air seperti sepeda air, banana boat, pemancingan, dan lain sebagainya. Namun untuk menikmati berbagai macam wahana ini anda masih harus membayar lagi J. Jika tak cukup uang untuk menikmati semua wahana yang ada, duduk santai sambil menyantap makan siang di sekitar taman buah tentu menjadi pengalaman tersendiri bagi anda sekeluarga. Dan jika lupa mebawa tikar, di mekarsari sudah ada yang menyewakan.

Water Kingdom Mekarsari

Water Kingdom di Mekarsari adalah satu ikon unggulan selain taman buahnya. Wahana wisata air raksasa ini luasnya sekitar 5,2 hektar yang langsung terhubung ke danau. Water Kingdom mampu menampung 15.000 pengunjung. Untuk menikmati serunya water kingdom, anda cukup membayar Rp 50.000,- di hari biasa dan Rp 95.000,- di akhir pekan dan libur nasional.

Water Kingdom Mekarsari adalah wahana wisata air terbesar di Asia. Tak hanya terbesar, masih banyak wahana atraktif yang siap menguji nyali anda seperti Boomerang slide papan luncur sepanjang 118 meter dengan ketinggian menara sekitar 16 meter, ini adalah yang pertama di pulau Jawa. Ada lagi Lazy River, kolam arus sepanjang 600 meter, menjadi yang terpanjang di Indonesia. Di Lazy River, anda bisa dengan santai mengalir mengikuti arus sungainya.Kerbau di Mekarsari Water Kingdom Peta Wisata Mekarsari

Outbound di Mekarsari

Outboeund menjadi pilihan beberapa orang yang terkadang jenuh dengan rutinitas bekerja di perkotaan. Selain untuk wisata, outbound seringkali dilaksanakan untuk melatih keterampilan, kemandirian, dan kerjasama tim. Mekarsari menyediakan fasilitas outbound dengan anek macam variasinya.

Sabut Kelapa Outbound Taman Wisata Mekarsari (SKO-TWM) adalah satu retails program yang ada di Mekarsari. SKO-T WM menghadirkan Susana belajar sambil belajar sehingga cocok untuk kebersamaan baik itu dengan rekan kerja ataupun keluarga. SKO-TWM menggunakan metoda experiental learning melalui simulasi permainan dengan suasana menyenangkan serta menghibur untuk memacu kreativitas, kemandirian, kerjasama tim, tanggung jawab, dan kepemimpinan.

Mengalahkan setiap rintangan di SKO-TWM memerlukan keberanian yang besar. Jika setiap rintangan mampu ditaklukkan, pada puncaknya adrenalin anda akan dipacu dengan berayun ala flying fox dari puncak menara yang tinggi.

Permainan outbound lain di mekarsari adalah Paintball. Permainan ini untuk melatih kerjasama tim dengan simulasi mengalahkan musuh. Permainan tembak-tembakan ini sudah dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan dan berlokasi di perkebunan.

 Ada lagi program Family Gathering dan Employee Gathering, yaitu program yang dirancang untuk menciptakan momen kebersamaan bagi karyawan maupun keluarga. Gathering di taman buah mekasrsari menjadi sarana refreshing yang menghibur untuk mengusir kejenuhan rutinitas kerja. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan akan bertambah hangat dengan gathering di Mekarsari.

Panen Buah di Mekarsari

Pada saat panen buah, anda bisa ikut memanen dan menimbangnya untuk dibawa pulang, setelah membayarnya tentu J. Pengalaman ini pastilah seru bagi anda masyarakat perkotaan karena bisa memperoleh langsung buah segar dari pohonnya. Apalagi dengan berbagai macam jenis buah.

Ada pula tempat pembelajaran bagi anak-anak, yaitu Kids Farmer. Minimal empat orang anak, pada hari Selasa-Jum’at, anak-anak bisa belajar menanam pohon. Biayanya sekitar Rp 37.000,- per anak. Untuk dewasa yang tidak malu, bisa saja ikut belajr menanam pohon.

Selengkapnya tentang Mekarsari dan Water Kingdom, anda bisa mengunjungi website www[.]mekarsari[.]com dan www[.]waterkingdom[.]co[.]id.

Taman Buah Mekarsari dibuka untuk wisata pada hari Selasa-Ahad jam 09.00-16.00. Khusus di hari Ahad, tidak jarang yang ke Mekarsari hanya untuk jogging atau jalan-jalan. Tidak saying jika anda sengaja meluangkan waktu untuk bisa jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari.

Leave a Comment