bus pariwisata double decker

Cara Mencari Tempat Penyewaan Bus Pariwisata Yang baik

Dalam artikel sebelumnya dikemukakan pentingnya mengecek bus pariwisata yang hendak kita sewa, apa saja kah yang patut atau wajib diperiksa ?

Kepada PO yang bersangkutan, tanyakan kondisi fisik bus pariwisata yang bersangkutan. Kondisi fisik ini meliputi tahun pembuatan bus pariwisata, kondisi mesin bus pariwisata, sistem rem dan sistem kemudi hingga ban yang digunakan.

Kemudian cek juga kelengkapan persyaratan administrasi dari bus pariwisata seperti surat izin beroperasi dari dinas perhubungan, STNK dari kepolisian, surat pengecekan rutin yang juga dikeluarkan oleh dinas perhubungan.

Tak luput juga ialah SIM dari sopir yang mengemudikan bus pariwisata tersebut. Tentang pemilihan sopir yang mengemudikan bus pariwisata yang Anda sewa, carilah sopir bus pariwisata yang telah berpengalaman.

Yang paham dengan rute-rute perjalanan destinasi wisata yang Anda tuju serta memahami dengan baik cara merawat sekaligus mengedarai dengan baik dan aman bus pariwisata yang dikemudikannya.

Pengecekan kondisi bus pariwisata perlu dilakukan tidak hanya pada saat awal perjalanan saja, melainkan perlu dilakukan secara berkala. Bila sopir bus pariwisatanya berpengalaman, maka sudah pasti sopir yang bersangkutan memahami hal ini.

Langkah kelima sekaligus terakhir, lakukanlah penyewaan bus pariwisata dari jauh-jauh hari. Menurut Radik Kisma Setiawan, pemilik pool bus pariwisata Pahala Kencana, harga sewa bus pariwisata sesungguhnya tidak se-fluktuatif harga tiket pesawat yang cenderung mengalami naik turun.

Namun tetap saja sangat disarankan sekali untuk melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari. Ada banyak manfaat yang didapat dengan melakukan booking bus pariwisata sejak jauh-jauh hari.

Salah satunya Anda bisa merancang perjalanan secara santai, tidak tergesa-gesa dan lebih optimal. Anda juga menjadi lebih teliti dan apabila tiba-tiba ada yang kurang baik maka Anda masih memiliki waktu untuk mengubah rencana Anda.

Melakukan pemesanan bus pariwisata dari jauh-jauh hari juga menghindarkan Anda dari kejadian tidak mendapatkan bus pariwisata yang Anda inginkan.

Apalagi jika Anda bermaksud menyewa bus pariwisata pada saat liburan hari raya atau liburan sekolah. Pada saat itu, pasti akan banyak sekali yang me rental bus pariwisata.

Jika Anda menyewa bus pariwisata pada saat menjelang atau dekat-dekat waktu liburan maka Anda akan bersaing dengan banyak orang yang juga memiliki tujuan sama dengan Anda, yaitu menyewa bus pariwisata untuk berlibur.

Kemudian belum lagi ditambah Anda harus menyiapkan perlengkapan yang akan dibawa selama berpergian. Tentunya akan menjadi rumit jika dijadikan satu.

Akan tetapi proses memilih bus pariwisata untuk melakukan perjalanan wisata menjadi lebih mudah bila Anda tidak menyewa alis hanya melakukan perjalanan wisata saja.

Yang pali penting perlu Anda lakukan hanyalah mengecek bus pariwisata yang Anda pilih.

Satu saran penting yang wajib diperhatikan baik bagi Anda yang memtuskan menyewa bus pariwisata atau sekedar menumpang, janganlah cepat tergiur oleh harga sewa atau harga tiket bus pariwisata yang murah.

Siapa tahu saja bus pariwisata tersebut bukan bus pariwisata yang layak jalan. Kalau begini langkah yang terbaik ialah melakukan pengecekan secara seksama. Kalau Anda ragu, lebih baik janganlah memilih bus pariwisata tersebut.

Ya daripada ada apa-apa atau terjadi hal-hal yang diluar dugaan. Selamat berwisata.

Leave a Comment