wisata petualangan di bali

Wisata Alam, Budaya, dan Kuliner di Bali Yang Paling Terkenal

Bali menyimpan sejuta keelokan seolah memaksa seluruh mata untuk berpaling padanya. WIsatawan mana yang tidak pernah mendengar kata Bali?

Bahkan bagi wisatawan mancanegara sering kita dengar lelucon, “Saya pernah ke Bali tapi belum pernah ke Indonesia”.

Entah siapa yang memulainya, Bali memang menyimpan banyak khazanah tujuan wisata yang menawan baik Alam maupun Budaya.

Selain memiliki keindahan alam yang eksotik, Bali juga merupakan wilayah yang memiliki keanekaragaman budaya sangat uni dan menarik.

Tak heran jika Bali dijadikan sebagai symbol pariwisata Indonesia dan tempat wisata favorit nomor tiga sejagat setelah Paris di Perancis dan Roma di Italia yang menjadi buruan para pelancong baik domestic maupun mancanegara.

Budaya Bali adalah kombinasi unik dari spiritualitas, tradisi agama, dan seni.

Agama dianggap seni dan tampaknya hampir setiap orang Bali adalah seniman setia yang menghabiskan waktu luang untuk menerapkan keterampilan dan gambar yang telah diwariskan dari generasi ke generasisemenjak usia belia.

Disajikan melaui lukisan yang indah dan rumit, ukiran luar biasa, hebatnya tenunan bahkan dalam dekorasi  beras yang mencakup berbagai kuil yang ditemukan di tempat umum, di sawah atau di rumah, pulau Bali hidup dengan seni dan penghormatan agama.

Ketika kita hendak berbicara tentang Bali apakah itu keindahan alamnya, keanekaragaman budayanya, seta obyek wisata yang dimilikinya.

Mungkin butuh beberapa jilid buku untuk menulisnya mengingat Bali merupakan objek wisata yang kaya akan wisata alam, wisata budaya, wisata petualangan, wisata seni, wisata kuliner, wisata belanja, dan berbagai wisata lainnya.

Berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas seperti hotel berbintang, penginapan, maupun losmen dibangun oleh pemerintah daerah setempat dan para pengusaha untuk mendukung kenyamanan para wisatawan.

Penduduk asli Bali yang ramah dan bertoleransi adalah factor lain yang menjadikan Bali sebagai tempat wisata favorit bagi pengunjung yang dating ke pulau Bali.

Wajib Baca: Update Tempat Wisata di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara 2022

Desa Adat Bali

Desa adat di Bali dibagi atas dasar kesatuan tempat. Sebagian dari tanah wilayahnya adalah milik para warga desa sebagai individu tetapi sebagian lain adalah tanah yang ada di bawah hak pengawasan desa atau secara konkrit di bawah pengawasan pimpinan desa yang disebut Karang Desa.

Desa-desa di pegunungan biasanya mempunyai pola perkampungan yang terpusat. Sedangkan desa-desa yang mempunyai system banjar dan desa-desa di daerah dataran mempunyai pola terpencar.

Maka dari itu sangat penting mengenal lebih jauh beberapa desa yang memiliki keunikan dari segi adat istiadat serta tradisi yang dimilikinya.

Wajib Baca: Melihat Lumba-lumba Sambil Menikmati Pantai Lovina Bali

Pura Bali

Lebih dari 10.000 bangunan Pura terdapat di pulau Bali yang menjadi tempat peribadatan warga masyarakat Hindu Bali.

Selain sebagai tempat beribadah, Pura juga sering dipakai sebagai tempat berlangsungnya upacara adat seingga banyak wisatawan yang tertarik berkunjung ke pura tersebut.

Letak dan bangunan pura yang sarat akan nuansa dan budaya khas Bali menjadikan pura di Bali menjadi tempat wisata pilihan yang unik dan menarik.

Diantara pura tersebut adalah pura Besakih, Uluwatu, Tanah Lot, Goa Lawah dan Pura Taman Ayun adalah contoh pura yang sering dikunjungi wisatawan khusunya mancanegara.

Wajib Baca: Sunrise di Pantai Sanur – Pantai Favorit Wisatawan di Bali

Tari Bali

Selain wisata alam dan budaya yang snagat terkenal hingga ke mancanegara, Bali juga memiliki seni tari tradisional yang sangat uni sehingga tak sedikit orang terutama para wisatawan yang ingin mempelajari berbagai tarian Bali.

Seni tari tradisional Bali biasanya digelar pada upacara-upacara adat dan keagamaan di pura sebagai tempat ibadah mereka.

Beberapa tari yang popular diantaranya tari pendet, gambuh, kecak, rejang, dan tari sanghyang dedari.

Wajib Baca: Pantai Pandawa Bali – Terkenal Gara-gara FTV

Wisata Seni Ubud Bali

Selama lebih dari 80 tahun, Ubud yang terletak di kabupaten Gianyar, Bali, telah memukau para pelancong mancanegara.

Ubud menyajikan kenangan yang membekas di hati setiap orang yang dating berkunjung.

Bahkan Ubud menjadi tempat pencarian cinta Elizabeth Gilbert penulis buku Eat, Pray and Love yang kemudian diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan dibintangi oleh aktris Hollywood Julia Robert.

Ada aneka ragam pengalaman yang dapat dipetik para wisatawan di Ubud.

Ubud sendiri dipandang sebagai pusat seni dan budaya Bali. Tak heran, setiap aktivitas wisata pun berhubungan dengan budaya, kedekatan pada alam, spiritual, dan hubungan antara sesame manusia.

Setiap aktivitas di Ubud pada akhirnya mempu memberikan kesan mendalam bagi wisatwan.

Wajib Baca: Pantai Karma Kandara | Tempat Wisata Indonesia

Paket Wisata Petualangan di Bali

Bagi anda yang suka dengan adventure (petalangan alam), pulau Bali adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menyediakan alam dan sarana prasarana lengkap.

Karena demikian tingginya minat akan wisata petualangan di Bali, banyak agen wisata di Bali berlomba menawarkan paket wisata petualangan di Bali.

Saat ini yang mendominasi permintaan paket wisata petualangan di Bali adalah wisatawan mancanegara khususnya dari Australia.

Sedang bagi turis domestic, meski permintaan tidak banyak namun setiap tahunnya menunjukkan peningkatan signifikan.

Sebagaimana telah diketahui, pulau Bali sangat terkenal dengan keindahan alam dan keunikan budaya yang berbeda dengan tempat wisata lain.

Hal inilah yang menjadikan pulau dewata sebagai tujuan tempat wisata favorit bagi sebagian wisatawan domestik dan mancanegara khususnya Australia.

Maklum, jarak Australia-Bali relatif dekat. Dan bagi sebagaian pelancong, liburan ke Bali menjadikan candu.

Wajib baca: Wahana Rekreasi Jungleland di Sentul Bogor

Wisata Kuliner di Bali

Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke Bali tanpa mencicipi makanan khas dari pulau dewata.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai makanan, minuman, jajanan, tempat makan, tempat nongkrong, tempat bersantai, dan bersantap di Bali:

Nama KulinerLokasiJam Buka
Nasi campur Men Weti SanurJalan Pantai Segara, Sanur, Denpasar6-14
Tongkol Asap Sambel MatahPulau Serangan.17.30-20.30
Nasi Ayam Kedewataan Ibu MangkuUbud, Renon, dan Seminyak, GIanyar9-22
Warung Mak Bengjalan Hang Tuah no.45, Sanur9-23
Mujair Nyat-nyat Banglidesa Kawan, kabupaten bangle9-23
Nasi Goreng Beras Merah Jatiluwihdesa Jatiluwih9-23
Entil Makanan Pupuandesa Pupuan, Tabanan9-23
Bebek Bengiljalan Hanoman Tegal Padang, Ubud9-20
Serombotan Kacang Klungkungkabupaten Klungkung9-23
Soto Ceker Bu AningPasar Kuta9-17
Warung MadeKuta dan Seminyak9-23

Dan masih banyak wisata kuliner di bali. Jika penasaran, silakan telusuri seluruh pelosok pulau Bali.

Bagi yang memerlukan makanan halal, jangan lupa mengecek dulu sebelum mampir.

Bali memang menjadi magnet luar biasa bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. (mk)

Ada banyak cara untuk mendapatkan paket wisata murah di bali salah satunya adalah dengan memesan Paket tour bali tanpa hotel.

Baca Juga: Ekosistem Bawah Laut Teluk Cendrawasih Papua

Leave a Comment