Wisata Pantai Linau di Bengkulu

Anda yang sedang melancong atau sekedar berdinas ke Bengkulu, cobalah menyempatkan waktu untuk menikmati pesona keindahan alamnya.

Tak hanya Danau Kembar di Kaur yang mempesona dan menyimpan misteri, masih ada Pantai Linau yang letaknya persis berdekatan dengan Danau Kembar, hanya beberapa ratus meter saja.

Pantai Linau masih berada di Kabupaten Kaur, Kecamatan Maje, Bengkulu.

Kabupaten Kaur meski sudah berada di kawasan Provinsi Bengkulu namun masih berada di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Lampung Barat dan kabupaten OKU Selatan, Sumatra Selatan.

Jika dihitung jarak tempuh, Kaur masih lebih dekat dengan Liwa ibukota Lampung Barat dan Ranau ibukota OKU Selatan.

Pantai Linau ini sangat terkenal bahkan sejak jaman Belanda. Sejak jaman itu pula, Pantai Linau sering dijadikan tempat berlabuh berbagai kapal untuk mengangkut hasil hutan yang berupa kayu untuk diekspor ke luar negeri.

Dermaga Pantai Linau sering dijadikan tempat pariwisata dan bersantai bersama orang terdekat. Tak ajrang pula, sering dijadikan untuk ajang lomba memancing.

Keindahan laut Pantai Linau dengan warna birunya menambah daya tarik pantai Linau di Bengkulu ini.

Wajib Baca: Sejarah dan Arsitektur Peradaban Kota Lama Semarang

Benteng Bersejarah di Pantai Linau

Selain pantai Linaunya, Desa Linau juga memiliki wisata sejarah luar biasa bernilai historis. Adalah benteng peninggalan penjajah Belanda dan berbagai cerita rakyat lainnya di masa lampau.

Lokasi seperti ini (benteng peninggalan Belanda dan wisata pantai) mirip dengan pantai Teluk Penyu di Cilacap dengan Gua Benteng Pendem.

Adapun yang di Pantai Linau, itulah Benteng Marlborough adalah sebuah bangunan benteng pertahanan yang terletak di pesisir Pantai Tapak Paderi, Kota Bengkulu.

Benteng Marlborough ini dibangun oleh kolonial Inggris pada tahun 1713-1719.

Desa Benteng Harapan Linau yang berbatasan dengan Desa Air Long juga telah dibangun tempat wisata yang terletak di bibir pantai di sepanjang jalan lintas Bengkulu-Lampung, tepatnya terletak di desa benteng Harapan Linau.

Semoga informasi obyek wisata Pantai Linau ini bermanfaat bagi anda yang sedang berburu tujuan wisata di Provinsi Bengkulu.

Baca Juga: Pantai Losari, Destinasi Wisata Alam dan Bahari Yang Memukau

Leave a Comment